Kontak Erat Ring Satu dengan Pasien Positif Covid-19, Ratusan Warga Kobar Tes Swab

Senin, 15 Juni 2020 - 13:42 WIB
loading...
Kontak Erat Ring Satu dengan Pasien Positif Covid-19, Ratusan Warga Kobar Tes Swab
Kontak erat dengan pasien positif Covid-19, ratusan warga Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah jalani pengambilam sampel spesimen swab di Laboratorium Kesehatan Daerah, Senin (15/6/2020). (Foto/SINDOnews/Dok)
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Kontak erat dengan pasien positif Covid-19 , ratusan warga Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah jalani pengambilam sampel spesimen swab di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), Senin (15/6/2020) siang.

Ratusan warga Kobar ini punya riwayat kontak erat (ring satu) dengan pasien positif Covid-19 yang masih dirawat dan sudah sembuh di sejumlah rumah sakit di Kobar.

“Ya ini yang kita ambil swab mayoritas pihak keluarga dari pasien positif Covid-19. Mulai dari istri, anak atau keluarga dekat yang satu rumah,” ujar Kepala Labkesda Kobar, Suparno di sela-sela pengambilan swab di halaman kantor Labkesda. (BACA JUGA: Cegah Penyebaran Covid-19, BUMN dan Gugus Tugas Perbanyak Swab Test)

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Konar, dr Jhon Feri mengatakan, data berdasarkan tracking ada 141 orang yang akan diambil sampel swabnya.

Angka ini merupakan hasil tracking dari orang yang berada paling dekat dengan pasien positif Covid-19 yakni keluarga. Kemudian sampel swab dari pasien yang masih dirawat untuk memastikan masih positif atau sudah negatif.

“Ini ada yang baru sekali swab mayoritas warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yang masih dirawat. ada juga yang sudah dua kali swab. Jika pernah positif Covid-19, selanjutnya harus dua kali swab selalu negatif baru bisa dikatakan negatif murni dari Corona,” ujarnya.

Sementara itu pantauan MNC Media di lokasi pengambilan swab, ada sejumlah anak anak di bawah 15 tahun yang ikut dalam pengambilan sampel swab. Agak sedikit rumit saat pengambilan swab melalui hidung dan juga tenggorokan. Sebab harus dibantu para orangtua untuk ikut memegang sang anak. (BACA JUGA: Kepgub Protokol COVID Diprotes, Wagub Jabar: Kiai-Pengurus Ponpes Sudah Sepakat)

“Ya ada sekitar 4-5 orang yang diambil swab adalah anak anak. Ya sedikit agak sulit karena orangtua ikut membantu memegang anaknya,” ujar dr Sri Wahyuni dari Puskesmas Pangkalan Lada yang ikut menjadi nakes untuk pengambilan sampel swab.

Data dari Gugus Tugas Covid-19 Kalteng per Minggu 14 Juni 2020, di Kabupaten Kotawaringin Barat terdapat 80 pasien positif Covid-19, 32 orang masih dirawat, 47 orang sembuh dan 1 orang meninggal.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)