Puluhan anggota Polres jalani tes urine

Kamis, 13 Desember 2012 - 17:29 WIB
Puluhan anggota Polres jalani tes urine
Puluhan anggota Polres jalani tes urine
A A A
Sindonews.com - Setidaknya 50 anggota Kepolisian Resor (Polres) Lahat melakukan tes urine untuk mengetahui keterlibatan anggota mengkonsumsi narkoba dan zat terlarang lainnya.

Didepan pengawasan langsung Wakapolres Lahat, Kompol Fachruddin dan Kasat Narkoba AKP Abu Dani, satu persatu anggota polisi dipanggil dan diminta untuk mengumpulkan urine mereka, Kamis (13/12/2012).

Menggandeng tim pemeriksa kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lahat, pemeriksaan urine anggota berlangsung ketat. Bahkan, anggota yang masuk ke kamar kecil pun wajib membuka pintu kamar kecil demi meminimalisir tindakan kecurangan.

Wakapolres Lahat, Kompol Fachruddin menegaskan pemeriksaan urine ini dilakukan untuk mencegah anggota menyalahgunakan narkoba. Ia berjanji bakal menindak tegas anggotanya jika terbukti menggunakan dan mengkonsumsi narkoba tersebut.

"Tidak ada pandang bulu. Semua anggota yang terbukti bersalah kita beri pembinaan dan laporannya akan kita sampaikan ke Polda Sumsel untuk ditindaklanjuti," tegas Fachruddin saat ditemui di kantornya.

Dalam pelatihan dan pembinaan tersebut, lanjutnya, anggota diberikan pemahaman fisik, keagamaan dan upaya untuk menyadarkan anggota itu.

"Pihak RSUD Lahat juga telah menjamin, hasil pemeriksaan urine ini bisa langsung diketahui beberapa jam kemudian. Tapi kita tidak bisa mengumumkan mengingat laporan ke Polda harus kita dahulukan," ujarnya mewakili AKBP Budi Suryanto.

Hal yang sama juga ditegaskan Kasatres Narkoba Polres Lahat, AKP Abu Dani. Anggota yang diperiksa urine dilakukan secara acak dan mewakili masing masing polsek, bidang serta unit yang ada diseluruh ruang lingkup wilayah.

"Tidak ada yang tebang pilih dalam pemeriksaan ini," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4099 seconds (0.1#10.140)