Cegah Resiko Kematian, Deteksi Dini Leukimia Penting Dilakukan

Rabu, 23 Februari 2022 - 23:31 WIB
loading...
A A A
Penyebab dan faktor lain dari leukemia yaitu adanya radiasi. Sementara itu, beberapa penelitian menemukan bahwa para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia, dan penderita dengan radioterapi juga lebih sering menderita leukemia.

Juga ditemukan beberapa penderita leukemia pada korban hidup kejadian bom atom di Hiroshima. "Hal lain yang bisa menjadi penyebab leukemia yaitu penderita down syndrome yang memiliki insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal," ucap dokter lulusan UGM.

Pemeriksaan yang dilakukan, lanjutnya, adalah dengan metode hematologi lengkap, yaitu pemeriksaan darah yang diambil dari pembuluh darah, tepi yang terdapat pada bagian lipatan lengan. Dan pemeriksaan sumsum tulang, yaitu tulang dada, atau ujung tulang betis, dan tulang duduk.

Pengobatan leukemia, tambahnya, membutuhkan waktu yang cukup panjang. Rutin berkonsultasi dengan dokter selama pengobatan, bahkan hingga selesai pengobatan. "Hal ini dilakukan agar perkembangan penyakit selalu terpantau oleh dokter," tutupnya.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)