3 Mitos Mengerikan di Pantai Selatan Jawa, Ternyata Ini Fakta Sainsnya

Rabu, 23 Februari 2022 - 18:07 WIB
loading...
3 Mitos Mengerikan di Pantai Selatan Jawa, Ternyata Ini Fakta Sainsnya
Pantai Selatan Jawa dikenal mempunyai ombak besar serta pemandangan indah. Namun di balik itu, pantai ini juga menyimpan sejumlah mitos mengerikan dan legenda. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JOGJA - Pantai Selatan Jawa dikenal mempunyai ombak besar serta pemandangan yang indah. Namun di balik itu, pantai ini juga menyimpan sejumlah mitos mengerikan dan legenda yang membuat masyarakat penasaran.

Tak heran hingga kini masyarakat masih kerap mempertanyakan asal muasal legenda penguasa pantai selatan. Begitu pula tujuan ritual yang biasa dilakukan di pantai selatan Jawa hingga fakta kenapa banyak orang hilang di pantai selatan.



Mitos menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tersebut, mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam salah satu artikelnya mengatakan, masyarakat sebetulnya mempunyai pengetahuan berbasis kearifan lokal dalam bentuk mitos dan dongeng untuk menyikapi terjadinya bencana.

Mitos dan dongeng sebetulnya bentuk keingintahuan masyarakat pada masa lalu terhadap peristiwa alam. Penemuan fakta sains memang dapat berkembang dari mitos.

"Kadang sains dapat berkembang dari mitos," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI, Zainal Arifin dikutip MNC Portal Indonesia, Senin (21/2/2022).



Salah satu mitos di pantai selatan, larangan menggunakan pakaian hijau yang dikaitkan dengan penguasa pantai selatan, yaitu Nyai Roro Kidul. Namun, ternyata ada fakta sains terkait larangan ini. Selain itu, masih ada beberapa mitos pantai selatan.

1. Larangan Berpakaian Warna Hijau di Pantai Selatan
Mitos larangan berpakaian warna hijau di pantai selatan sudah melegenda pada masyarakat Indonesia. Konon, jika terdapat pengunjung yang nekat menggunakan pakaian hijau, maka dia dapat dijadikan sasaran oleh Nyi Roro Kidul untuk ditarik ke dalam istana gaibnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3904 seconds (0.1#10.140)