Legenda Ikan Mas Danau Toba, Kisah Cinta Tak Terduga Berakhir Petaka

Selasa, 03 September 2024 - 10:45 WIB
loading...
Legenda Ikan Mas Danau...
Legenda ikan mas di Danau Toba tentu sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat Tanah Air. Foto/Istimewa
A A A
Legenda ikan mas di Danau Toba tentu sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat Tanah Air. Cerita rakyat dari Sumatera Utara ini terus dikisahkan dari generasi-generasi.

Melihat keberagamannya, Indonesia memiliki banyak cerita rakyat atau legenda yang masih terus dikisahkan sampai sekarang. Beberapa di antaranya yang populer juga biasa muncul menghiasi buku-buku pelajaran anak sekolah.

Pada sekian banyak judul, salah satunya adalah cerita “Ikan Mas Danau Toba”. Berikut ulasan mengenai kisahnya sebagaimana dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa (3/9/2024).

Legenda Ikan Mas Danau Toba


Kisah terbentuknya Danau Toba tidak bisa dilepaskan dari sosok Toba dan seekor ikan mas. Toba sendiri adalah seorang pemuda yatim piatu yang kesehariannya bekerja sebagai petani dan sering juga mencari ikan di sungai.

Suatu hari, Toba pergi memancing. Kabar baik, dia menangkap seekor ikan mas berukuran besar. Namun, karena sisiknya terlihat berkilauan dan cantik, Toba memutuskan untuk membawa ikan tersebut pulang dan memeliharanya.

Tiba-tiba, ikan mas itu berubah wujud menjadi sosok perempuan berparas cantik. Toba pun langsung jatuh cinta pada pandangan pertama dan memutuskan untuk menikahinya.



Sebagai syarat, perempuan jelmaan itu memberikan ketentuan yang harus dipatuhi Toba. Syaratnya cukup mudah, yakni Toba harus berjanji merahasiakan asal-usulnya sebagai ikan dari siapa pun.

Mendengar syarat itu, Toba menyetujuinya. Keduanya pun menjalin hubungan rumah tangga yang harmonis hingga dikaruniai seorang anak bernama Samosir.

Seiring waktu, Samosir telah tumbuh menjadi anak yang sehat. Suatu hari, dia diminta ibunya untuk mengantarkan makanan pada Toba yang tengah bekerja di ladang.

Namun, Samosir justru tak kunjung datang sampai membuat Toba yang kelaparan memutuskan pulang ke rumah. Ketika di rumah, Samosir mengaku rantang makanan yang hendak dikirimnya terjatuh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)