Ratusan Personel Kodim Bantaeng Dikerahkan Bantu Penanganan Banjir

Sabtu, 13 Juni 2020 - 22:00 WIB
loading...
Ratusan Personel Kodim Bantaeng Dikerahkan Bantu Penanganan Banjir
Personel Kodim Bantaeng dikerahkan untuk membantu penanganna banjir di daerah tersebut. Foto/Istimewa
A A A
BANTAENG - Komando Distrik Militer (Kodim) 1410/Bantaeng mengerahkan ratusan personel untuk menanggulangi bencana banjir di beberapa wilayah di daerah tersebut akibat intensitas hujan tinggi sejak Jumat (12/6) hingga Sabtu (13/6) dini hari.

"Untuk Kodim 1410 Bantaeng kita kerahkan 100 personel dan 70 personel lagi dari Yonif 726/Tamalatea. Kita juga dibantu tim Gabungan dari Polres, BPBD, SAR, Tagana maupun relawan bersama masyarakat di Bantaeng," ujar Dandim 1410/Bantaeng, Letkol Czi Tambohule Wula, Sabtu (13/6/2020).

Diketahui bencana banjir tersebut akibat hujan yang terus mengguyur hingga membuat Sungai Calendu meluap dan Cekdam Balang Sikuyu jebol di sisi kanannya. Hal itu menimbulkan air bah yang merendam sejumlah rumah warga, pusat perdagangan dan beberapa fasilitas umum lainnya.



Beberapa wilayah yang terdampak banjir yakni Kelurahan Pallantikang, Tappanjeng dan Malilingi, di Kecamatan Bantaeng. Kemudian Kelurahan Bonto Rita, Bonto asunggu, Bonto Atu, Bonto Lebang dan Desa Bonto Jai di Kecamatan Bissappu serta Desa Bonto Majannang di Kecamatan Sinoa.

Letkol Czi Tambohule Wula menambahkan banjir bandang juga menimbulkan kerusakan infrastruktur. Di antaranya yakni sebuah jembatan sepanjang 10 meter, serta jalan akses lingkar Selatan terputus sepanjang 40 meter yang berlokasi di Kampung Kaili.

"Ruas Jalan Para-para - Pandang-pandang rusak tertimbun tanah sepanjang, kurang lebih 200 m, tidak bisa dilewati. Lalu ruas Jalan Batayya 1 dan Batayya 2, banyak patahan pohon, dan timbun longsor menghalangi badan jalan sepanjang 1 Kilometer," jelas Tambohule Wula.

Kemudian, Cek Dam Balang Sikuyu jebol dan patah pada sayap sebelah selatan di wilayah Bissappu sepanjang 30 m. Lalu talud jembatan jalan nasional Sungai Panaikang sepanjang 15 meter di depan Kantor Camat Bissappu terhambat dan Tanggul Sungai Balang Sikuyu sepanjang 500 meter di Garegea tertutup.

Tambohule Wula menyebutkan akibat bencana alam tersebut menimbulkan kerugian. Di antaranya akses jalan yang tidak bisa dilalui, pemutusan listrik mulai pukul 18.00 WITA hingga saat ini dan kurangnya air bersih.

"Total ada kurang lebih 2.333 rumah rusak, kerugian ditaksir mencapai Rp25 miliar. Pasar merugi sampai Rp4 miliar. Pertokoan sekitar Jalan Mangga dan Jl. Manggis menimbulkan kerugian Rp 2 miliar. Fasilitas perkantoran yaitu MPP, Server Dukcapil, Kantor Lurah Palantikang, Gedung Perpustakaan Daerah mengalami kerusakan dengan perkiraan kerugian Rp2 miliar," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)