Jalur Wisata Lembang Diterapkan Ganjil Genap Libur Akhir Pekan Ini

Jum'at, 11 Februari 2022 - 19:57 WIB
loading...
Jalur Wisata Lembang Diterapkan Ganjil Genap Libur Akhir Pekan Ini
llustrasi ganjil genap. Foto: Istimewa/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Satlantas Polres Cimahi akan menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap, di jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), libur akhir pekan ini. Tujuannya untuk mengurangi mobilitas dan penularan COVID-19.

Rekayasa ganjil genap di kawasan Lembang sudah mulai diterapkan kembali, sejak 5-6 Februari 2022 di Simpang Betarix. Setelah sebelumnya sempat tidak ada seiring dengan kasus COVID-19 yang melandai.

"Saat libur akhir pekan, ganjil genap diterapkan lagi di jalur wisata Lembang. Ini sebagai langkah pencegahan lonjakan kunjungan wisatawan, karena COVID-19 trennya naik lagi," kata Kaur Mintu Satlantas Polres Cimahi Iptu Itang, Jumat (11/2/2022).



Dia mengatakan, pada saat ganjil genap kembali diberlakukan di Simpang Beatrix. Jika tanggal genap, maka kendaraan yang berpelat ganjil dari arah Bandung menuju Lembang bakal dibelokkan ke arah Jalan Kolonel Masturi. Sementara yang datang dari arah Kolonel Masturi dibelokkan ke arah Bandung.

"Itu artinya kendaraan yang boleh melintas ke Lembang itu yang berpelat nomor genap. Sementara yang ganjil akan ditekuk kiri ke arah Kolonel Masturi dan tekuk kanan ke arah Lembang," terangnya.

Itang menyebut, pada akhir pekan lalu saat ganjil genap mulai diterapkan, tidak terjadi lonjakan kunjungan wisatawan ke kawasan Lembang. Namun pihaknya tetap melakukan rekayasa arus lalu lintas, untuk menghindari penumpukan.



"Pekan kemarin, peningkatan kendaraan ada tapi masih normal. Arus lalu lintas juga tidak sampai mengalami kemacetan, hanya ramai lancar saja," sebutnya.

Wilayah KBB menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang menerapkan PPKM Level 3. Untuk itu dilakukan rekayasa lalu lintas mencakup pemberlakuan ganjil genap dan pengalihan arus kendaraan, untuk menekan penyebaran COVID-19.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)