Potensi Konflik di Makassar Jelang Pemilu 2024 Harus Diantisipasi

Rabu, 09 Februari 2022 - 18:13 WIB
loading...
Potensi Konflik di Makassar Jelang Pemilu 2024 Harus Diantisipasi
Kesbangpol mengantisipasi potensi konflik seperti perang kelompok di Makassar menjelang Pemilu 2024. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Potensi konflik seperti perang kelompok di Kota Makassar dinilai perlu diantisipasi menjelang Pemilu 2024 . Situasi kamtibmas harus dibuat kondusif menjelang pesta demokrasi.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Makassar, Zainal Ibrahim, mengatakan pihaknya tengah melakukan pendekatan dengan organisasi kepemudaan lewat program Forum Pembauran Kebangsaan (FPB) guna menjaga keamanan wilayah menjelang Pemilu 2024 .



Zainal bilang program tersebut menjadi forum yang menghimpun lintas etnis, budaya dan komunitas. "Itu sudah dibentuk sampai di tingkat kecamatan dan kelurahan. Tinggal kami mau pengukuhan sebenarnya," ungkap dia.

Selain itu, ada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang melibatkan tokoh-tokoh masyarakat yang dianggap mampu mengantisipasi potensi konflik di wilayah masing-masing.

"Inikan situasi Covid-19, jadi kami masih cari-cari waktu lagi, untuk lanjutkan," ungkap Zainal.

Upaya ini disebut menjadi implementasi dan mandatori langsung dari Menteri Dalam Negeri. Sejauh ini, ada 59 organisasi kepemudaan yang dilibatkan. Organisasi tersebut dinilai dapat menjadi potensi besar yang bisa dimanfaatkan hingga ke tingkat RT/RW.

"Kita komunikasi bersama dengan KNPI, terkait perlunya pelibatan organisasi kepemudaan agar bisa bersama-sama menyejukkan suasana," ungkapnya.



Zainal juga mengajak seluruh pihak mendukung keamanan menjelang Pemilu , termasuk Pilkada mendatang agar nantinya bisa berjalan dengan lancar.

"Keamanan dan ketertiban wilayah sangat penting dalam rangka menyongsong Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang" pungkasnya.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6971 seconds (0.1#10.140)