Indahnya Kolaborasi Tarian Tradisional Jawa Tengah dan Nusantara

Rabu, 09 Februari 2022 - 13:18 WIB
loading...
A A A
“Diharapkan mereka bisa lebih mendekat kepada para pemangku kebijakan agar diberi ruang untuk mempertunjukkan kreativitasnya di bidang seni masing-masing,” katanya.

Sementara itu, salah satu tari kreasi yang ikut tampil adalah Tari Geyol Denok disusun pada 2013 oleh Rimasari Pramesti Putri, seorang penata tari dan dosen seni tari Unnes sekaligus pendiri sanggar tari Sekar Kedaton pada Januari 2013.

Kehadiran tari Geyol Denok menambah perbendaharaan tari di kota Semarang, dan semakin memperkaya perbendaharaan budaya nasional. Dalam Laras Budaya Bersama DPRD Jateng ini, tari Geol Denok dibawakan oleh penari-penari dari Sanggar Srikandi Sentyaki Semarang, yang dipimpin oleh Siti Nur Aziza.

Tarian itu merupakan tarian khas Semarang, Tarian ini karya dari Rimasari Pramesti Putri S.Pd, M.Pd salah satu dosen seni tari di Unnes.

“Seni tari itu masih merupakan tarian khas Semarang dan kembangan dari lagu Semarang Hebat, bahkan gerakan tarian ini karya saya sendiri,” ujar Siti Nur Aziza.

Menurutnya, arti dari Dahayu Denok Semarang adalah kecantikan para gadis Semarang Selain tari Geyol Denok, juga tampil tarian Ratoh Jaroe yang merupakan tarian asli Aceh yang sudah dikenal secara luas. Tarian yang merupakan kombinasi dari tarian Likok Pulo, Saman dan lainnya.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2382 seconds (0.1#10.140)