Dinas Kominfo Jayapura Usulkan 20 Kampung Jadi Smart Village ke Kemendes

Selasa, 08 Februari 2022 - 18:26 WIB
loading...
Dinas Kominfo Jayapura Usulkan 20 Kampung Jadi Smart Village ke Kemendes
Gustaf Griapon, Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, di Sentani, Kamis (3/2/2022)..
A A A
SENTANI - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meluncurkan program Smart Village (Desa Cerdas) tahun 2022.

Kabupaten Jayapura merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Papua yang terpilih menjadi lokasi program Smart Kampung. Ada 20 kampung di Kabupaten Jayapura yang diusulkan menjadi pilot project program tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jayapura Gustaf Griapon mengatakan, ada 20 kampung (desa) di Kabupaten Jayapura yang diusulkan mengikuti program Smart Village atau Desa Cerdas.

"Kami ada dorong ke Kementerian Desa, bahwa sesuai dengan program Smart Village atau Kampung (Desa) Cerdas itu ke Kepala Badan Pengembangan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI. Untuk file pilot project di Provinsi Papua itu Kabupaten Jayapura sendiri yang terpilih untuk kita dorong, sehingga di sini kami usul ada 20 kampung," katanya, Kamis (3/2/2022).

Gustaf mengatakan, tahun ini ada 25 kampung yang telah diusulkan, kemudian 2023 dan 2024 pihaknya kembali mengusulkan masing-masing 20 kampung. "Sehingga tahun 2025 nanti pemerintah daerah membiayai kampung-kampung yang telah diusulkan menjadi kampung cerdas atau Smart Village," katanya.

Beberapa kampung (desa) yang diusulkan Dinas Kominfo bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura yaitu Kampung Yokiwa, Kampung Nolokla, Kampung Asei Kecil, dan Kampung Nendali (Distrik Sentani Timur), Kampung Yoboi, Kampung Sereh dan Kampung Ifar Besar (Distrik Sentani), Kampung Doyo Lama dan Kampung Sosiri (Distrik Waibhu).

"Kemudian di Distrik Sentani Barat itu kita dorong dua kampung yakni Kampung Sabron Sari dan Maribu. Lalu di Nimboran yang kita dorong itu sebanyak tiga kampung yaitu Gemebs, Pobaim dan Keitemung. Kalau di Nimbokrang itu kita dorong Benyom Jaya I, di Raveni Rara itu ada dua kampung yang kita dorong yaitu Yongsu Desoyo dan Necheibhe, di Depapre kita hanya dorong satu kampung saja yakni Tablasupa. Sedangkan di Distrik Yapsi kita dorong Ongan Jaya dan Bumi Sahaja. Itu 20 kampung yang kami usulkan bersama DPMK," paparnya.

Lebih lanjut Gustaf menerangkan, indikator dari program tersebut sebenarnya diambil dari indikator kampung mandiri. "Syarat kampung-kampung yang kita usul untuk mengikuti program Smart Village atau Kampung (Desa) Cerdas itu harus ada aliran listrik, jaringan Telkomsel, kemudian aliran listrik dari PLTA atau PLTU itu yang kita usulkan atau masukkan ke Kemendes PDTT RI," katanya.

Ia berharap, ke depan kampung-kampung yang diusulkan mendapatkan atau mengikuti program ini dan berhasil menjadi Desa Cerdas dan dapat membagi ilmunya kepada kampung-kampung lain di sekitarnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2552 seconds (0.1#10.140)