Masyarakat Adat Dayak se-Kalimantan Dukung Penetapan IKN Nusantara

Minggu, 30 Januari 2022 - 23:55 WIB
loading...
Masyarakat Adat Dayak se-Kalimantan Dukung Penetapan IKN Nusantara
Masyarakat adat Dayak se-Kalimantan mendukung penuh penetapan IKN Nusantara di Kalimantan. Foto: iNewsTV/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Dukungan penetapan Ibu Kota Negara ( IKN ) yang baru di Kalimantan digelar masyarakat Dayak se-Kalimantan di Balikpapan, Kalimantan Timur , Minggu malam (30/1/2022).

Dukungan sekaligus sikap warga Dayak menyatakan mendukung penetapan nama Nusantara sebagai nama Ibukota yang baru.

Direncanakan perwakilan seluruh warga Dayak se-Kalimantan akan menggelar deklarasi pada Senin pagi (31/1/2022).



Selain dukungan dari sejumlah tokoh masyakarat adat Dayak di seluruh Kalimantan, dukungan juga datang dari warga Suku Paser Balik, Suku asli yang menetap di kawasan Sepaku-Semoi atau Kawasan Titik Nol pembangunan IKN.

Para tokoh adat mendukung sepenuhnya pemindahan IKN di Kalimantan yang dibangun dengan tetap menjaga adat istiadat yang ada dan kelestarian lingkungan di Kalimantan.



“Kami mendukung penuh adanya penetapan IKN di Kaltim. Apalagi pembangunan ini tetap menjaga adat istiadat yang ada dan lingkungan,” kata Jeffry Dayak, tokoh pemuda Dayak.
Apalagi kata dia, sudah ada aturan yang menetapkan tentang adanya hutan lindung yang tidak bisa diganggu. “Yang pasti kami mendukung pembangunan IKN di Kalimantan, apalagi ini untuk kemajuan negara dan daerah,” ungkapnya.



Mereka juga menyatakan menolak upaya-upaya penggagalan pembangunan IKN dengan sikap dan narasi yang melecehkan masyarakat Kalimantan.

Selain itu, forum adat Dayak juga meyatakan mendukung penetapan nama Nusantara sebagai nama Ibukota yang baru. “Tentunya semua pihak, termasuk masyarakat adat memberikan dukungannya untuk pembangunan IKN baru di Kalimantan,” kata Sekum Gerdayak Kaltim, Ferdinand Salvino Liing.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)