Banjir Rendam OKU Timur, Ratusan Hektare Sawah Terdampak Akibatkan Benih Padi Membusuk

Rabu, 26 Januari 2022 - 23:01 WIB
loading...
Banjir Rendam OKU Timur, Ratusan Hektare Sawah Terdampak Akibatkan Benih Padi Membusuk
Ratusan hektare lahan pertanian di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang telah ditanami benih baru mengalami kerusakan dan membusuk akibat terendam banjir. Foto SINDOnews
A A A
OKU TIMUR - Ratusan hektare lahan pertanian di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang telah ditanami benih baru mengalami kerusakan dan membusuk akibat terendam banjir. Benih padi yang baru ditanam tersebut didominasi berusia 2-15 hari.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian OKU Timur, Andri Irawan mengatakan, para petani terancam gagal panen lantaran ratusan hektare sawah terendam banjir akibat tingginya intensitas curah hujan.

"Banjir ini yang kedua kalinya terjadi di periode Januari 2022 yang mayoritas melanda lahan pertanian sawah padi," ujar Andri Irawan, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya, tingginya curah hujan pada 23-24 Januari 2022 lalu, membuat ratusan hektare lahan pertanian sawah padi di wilayah tersebut terendam banjir, seperti di Kecamatan Belitang Madang Raya seluas 49 hektar, Belitang III 37 hektare dan 582 hektare di Kecamatan BMT.



Selain itu, kata Andri, banjir juga merendam 105 hektare lahan pertanian di Kecamatan Madang Suku II dan 24 hektar di Kecamatan Belitang Jaya. "Saat ini kami sedang mendata untuk membantu kebutuhan benih padi yang terkena gagal panen agar petani dapat kembali bercocok tanam," katanya

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD OKU Timur, Dewa Made Suta menjelaskan, selain lahan pertanian, banjir yang terjadi pada Senin (24/1/2022) itu juga merendam ratusan rumah penduduk yang berada di bantaran sungai, salah satunya di Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur.

"Untuk mengantisipasi bencana susulan, kami mengimbau agar masyarakat khususnya yang bermukim dekat daerah aliran sungai (DAS) Komering supaya meningkatkan kewaspadaan agar tidak menimbulkan korban jiwa," jelasnya.

Menurutnya, Pemkab OKU Timur juga telah menetapkan status siaga darurat bencana banjir dan sudah menyiagakan personel dibantu relawan di setiap kecamatan agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin. Baca juga:
Mentan YSL Pastikan Stok Beras Nasional dalam Kondisi Baik


"Termasuk juga peralatan penanggulangan bencana mulai dari perahu karet, mesin pompa dan kendaraan lainnya sudah disiapkan menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja," ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)