Program Rp1 Miliar 1 Desa Diproyeksi Ciptakan Pemerataan Pembangunan di Lutim

Jum'at, 21 Januari 2022 - 11:01 WIB
loading...
Program Rp1 Miliar 1 Desa Diproyeksi Ciptakan Pemerataan Pembangunan di Lutim
Pemkab Luwu Timur menerapkan program Rp1 miliar 1 desa pada tahun ini untuk pemerataan pembangunan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
LUWU TIMUR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) bersiap menerapkan program Rp1 miliar Rp1 desa pada tahun ini. Program unggulan itu diproyeksi mampu menciptakan pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Batara Guru.

Bupati Lutim , Budiman, menyampaikan guna mengoptimalkan program tersebut, pemerintah desa diwajibkan memiliki program unggulan. Muaranya, agar anggaran Rp1 miliar di luar dari ADD dan Dana Desa itu dapat dimaksimalkan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.



"Dengan program Rp1 miliar 1 desa , bagaimana agar pemerataan (pembangunan) di desa segera tercapai. Sehingga, tidak ada lagi kepala desa yang mengeluhkan hal tersebut,” kata dia.

Orang nomor satu di Lutim itu juga meminta para kepala desa tidak ragu membangun komunikasi dengan dirinya. Bila memang ada keluhan dan harapan, pihaknya senantiasa terbuka untuk mendengar dan akan berupaya membantu mencari jalan keluar.



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu Timur , Halsen, sebelumnya memastikan bahwa program Rp1 miliar 1 desa akan diterapkan pada tahun ini. Total anggaran yang disiapkan Rp124 miliar, sebagaimana jumlah desa yang ada di Lutim.

Ia memaparkan program unggulan itu akan berfokus pada dua hal yakni pembangunan atau kegiatan fisik 60% dan sisanya 40% untuk pemberdayaan.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)