Bupati Tatu Semangati Siswa di Hari Pertama Dimulainya Vaksinasi Anak di Serang

Senin, 17 Januari 2022 - 23:50 WIB
loading...
Bupati Tatu Semangati Siswa di Hari Pertama Dimulainya Vaksinasi Anak di Serang
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat menyemangati siswa-siswi sebelum disuntik vaksin, Senin (17/1/2022). Foto: MPI/Mahesa Apriandi
A A A
SERANG - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan semangat kapada siswa-siswi di daerah itu usai mencanangkan dimulainya vaksinasi anak Kabupaten Serang untuk usia 6-11 tahun di SDN Ciruas 1, Senin (17/1/2022).

Pihaknya pun menargetkan selama sebulan ke depan, sebanyak 166.999 anak mendapatkan pelayanan vaksin.

Bupati Tatu Semangati Siswa di Hari Pertama Dimulainya Vaksinasi Anak di Serang



“Alhamdulillah, sudah dimulai vaksinasi anak di Kabupaten Serang. Kami sudah memenuhi syarat Kementerian Kesehatan, dan diperbolehkan memulai vaksinasi anak,” kata Tatu kepada wartawan usai meninjau vaksinasi.

Syarat yang diajukan Kemenkes untuk daerah yang boleh memulai vaksinasi anak dan booster yakni yang telah mencapai 70% vaksinasi dosis 1 dan 60% vaksinasi lansia. “Atas sinergi Forkopimda, target vaksin ini sudah tercapai di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Bupati Tatu Semangati Siswa di Hari Pertama Dimulainya Vaksinasi Anak di Serang


Tatu mengungkapkapkan, dari data Kemenkes, total target vaksinasi anak di Kabupaten Serang sebanyak 166. 999 jiwa. “Target kami, satu bulan bisa selesai, 200 anak per hari. Vaksinasi anak saya rasa lebih mudah, karena anak-anak Kabupaten Serang juga sudah pembelajaran tatap muka. Sudah masuk sekolah, jadi untuk dikondisikan jadi lebih mudah,” ujarnya.



Selain itu, kata Tatu, perangkat sekolah hingga guru juga bisa membantu mempersiapkan dan ikut melaksanakan vaksinasi untuk para siswa. “Mudah-mudahan target satu bulan untuk vaksinasi anak ini bisa selesai,” tutur dia.



Turut mendampingi Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Susilo, Asda 1 Pemkab Serang Nanang Supriatna, Kadinkes Agus Sukmayadi, Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya, dan Kepala Diskominfosatik Anas Dwi Satya Prasadya.

“Kemudian di Kabupaten Serang juga sudah diizinkan vaksinasi booster untuk masyarakat umum. Kami akan memfokuskan kerja sama dengan TNI-Polri, dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim untuk menggarap 29 kecamatan. Kemudian vaksinasi dosis 1 dan 2 juga sekalian turun untuk dilanjutkan. Insya Allah lancar dan bisa,” tegas Tatu



Kepala Dinkes Kabupaten Serang Agus Sukmayadi menambahkan, pencanangan vaksinasi anak dilaksanakan di SDN Ciruas 1 dan Madrasah Ibtidaiyah 3 Kopo yang bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang.

Sebelumnya, persiapan sudah dilakukan pada rapat bersama Forkopimda, Jumat (14/1/2022), dan sosialisasi di kecamatan kepada unsur kepala sekolah dan pengawas pada Sabtu (15/1/2022).

Dia menegaskan, setiap anak yang akan divaksin dilakukan skrining terlebih dahulu untuk memastikan layak atau belum mendapatkan vaksin.

“Jika ada kontraindikasi, tentu ditunda vaksinnya. Orang tua anak juga diajak komunikasi oleh guru, dipantau oleh puskesmas dan Dinkes. Mudah-mudahan target vaksin anak ini sebulan selesai,” tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)