Boneka Arwah Viral! Ini Kata Kolektor Asal Cimahi

Kamis, 06 Januari 2022 - 12:47 WIB
loading...
Boneka Arwah Viral! Ini Kata Kolektor Asal Cimahi
Dalam beberapa hari terakhir, reborn baby dolls atau boneka bayi tiruan telah menggemparkan dunia, termasuk dikalangan artis Indonesia. Foto/iNews TV/Yuwono Wahyu
A A A
CIMAHI - Awal tahun 2022, keberadaan reborn baby dolls atau boneka bayi tiruan telah menggemparkan dunia, termasuk dikalangan artis Indonesia. Boneka bayi terbuat dari bahan silicone vinyl tersebut, menjadi viral hingga dijual dengan harga fantastis.



Sandra Susan, salah seorang kolektor boneka di Kota Cimahi, Jawa Barat, angkat bicara soal boneka yang dianggap boneka arwah tersebut. Dia menilai, banyak alasan orang ingin memiliki boneka bayi, mulai dari hanya sekedar untuk koleksi, hiburan, menyalurkan hobi, bahkan sangat menolong bagi orang yang mengalami depresi akibat kehilangan anaknya.



Ada beberapa jenis boneka mirip bayi, yang dimiliki Sandra Susan, yakni Tiffany, Luca, Riley, dan Chloe. Ibu rumah tangga ini mengaku, boneka-boneka koleksinya itu rata-rata impor dari Amerika Serikat, dan hanya sekedar untuk menyalurkan hobinya saja.



Menyikapi soal boneka yang tengah viral dikalangan artis Indonesia, karena dianggap sebagai boneka arwah. Sandra Susan mengaku, hal itu tergantung kepada pemiliknya. "Banyak alasan atau tujuan orang ingin memiliki atau mengadopsi boneka yang mirip dengan manusia tersebut," tegasnya.

Menurutnya, boneka jenis reborn dolls itu dibuat berawal atas permintaan dari orang-orang yang mengalami depresi, baik yang tidak mempunyai keturunan maupun yang kehilangan bayinya pada saat baru lahir, bahkan ketika di dalam kandungan. Sehingga psikolog kemungkinan menyarankan, mereka yang mengalami depresi untuk menyalurkan kasih-sayangnya kepada boneka yang wajahnya mirip menyerupai anaknya.



Boneka-boneka tersebut biasanya berasal dari beberapa negara, seperti Jerman, Australia, dan Amerika Serikat. Boneka-boneka yang terbuat dari silicone vinyl itu, dibuat sedemikian rupa kemiripannya menyerupai manusia, dan dibuat wangi seperti wanginya vanilla. Bahkan jika dilihat dari dekat, dari kulitnya akan terlihat beberapa urat-urat nadi seperti manusia.

Layaknya bayi manusia baru lahir yang dilengkapi akta kelahiran, boneka jenis reborn dolls ini juga dilengkapi dengan sertifikat, lengkap dengan data spesifikasinya. Tak heran, boneka reborn dolls ini juga memiliki bobot rata-rata seperti bayi pada umumnya, karena di dalamnya di isi dengan material khusus. Harganya juga sangat fantastis, yakni Rp7juta-20 juta.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7753 seconds (0.1#10.140)