Konvensi Rakyat Perindo, Penyaringan Bacaleg secara Digital Pertama di Indonesia

Rabu, 05 Januari 2022 - 15:52 WIB
loading...
Konvensi Rakyat Perindo, Penyaringan Bacaleg secara Digital Pertama di Indonesia
Partai Perindo menggagas dan meluncurkan Konvensi Rakyat yang merupakan cara bagi masyarakat luas untuk maju menjadi calon anggota legislatif di berbagai tingkatan. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) menggagas dan meluncurkan Konvensi Rakyat yang merupakan cara bagi masyarakat luas untuk maju menjadi calon anggota legislatif di berbagai tingkatan, seperti DPR RI, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota secara online.

Sekretaris Dewan Nasional Konvensi Rakyat, Heri Budianto mengatakan bahwa sebagai parpol, Perindo merupakan partai pertama yang menerapkan mekanisme Konvensi Rakyat dalam merekrut bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) secara terbuka.

"Setiap elemen masyarakat boleh mendaftarkan diri. Ini terobosan baru di perpolitikan tanah air Indonesia. Ke depannya bisa menciptakan figur-figur pemimpin daerah yang profesional," ujar Heri saat dibincangi di Kantor DPW Partai Perindo Sumsel, Rabu (5/1/2021).

Heri Budianto menjelaskan, mekanisme Konvensi Rakyat tersebut membuka seluas-luasnya kepada anak bangsa untuk maju menjadi caleg melalui Partai Perindo. Ini menunjukkan dan membuktikan bahwa Perindo merupakan partai terbuka.

"Selama ini jalan untuk menjadi Caleg tidak terbuka, selalu tertutup dan last minute. Namun, kini Partai Perindo mengubah strategi tersebut yang berkaca dari Pemilu tahun 2019, serta mengundang Putra-Putri terbaik untuk maju sebagai Caleg ," jelasnya.

Untuk setiap anak bangsa yang memiliki potensi, dapat mendaftarkan diri melalui website Konvensi Rakyat, yakni https://www.konvensirakyat.com. Tahapan konvensi dibagi dua, yakni prakonvensi mulai November 2021-Agustus 2022 serta tahapan konvensi mulai Agustus 2022-Maret 2023.



“Melalui Konvensi Rakyat ini, semua kalangan, profesi, latar belakang, memiliki kesempatan besar maju menjadi caleg Partai Persatuan Indonesia dalam Pemilu 2024, mulai dari lintas profesi, budaya, agama dan lainnya yang memiliki kompetensi dan kapasitas, serta siap untuk maju dan berjuang bersama Perindo untuk mencapai Indonesia sejahtera," kata Heri.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Perindo Sumsel, Febuar Rahman mengatakan, dengan adanya Konvensi Rakyat tersebut, pihaknya menargetkan merekrut caleg dari kalangan milenial yang berkualitas dan mampu menunjukan identitas partai Perindo.

"Kita sudah mengimbau di tingkat kabupaten/kota dalam membangun struktur partai, termasuk melakukan konsolidasi hingga tingkat desa. Untuk Pilgub Sumsel kita akan mendukung calon yg mampu membawa Sumsel menjadi lebih baik," ucap Febuar.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)