Gunung Semeru Kembali Erupsi di Kamis Legi, Warga Panik Berhamburan

Kamis, 16 Desember 2021 - 10:48 WIB
loading...
Gunung Semeru Kembali Erupsi di Kamis Legi, Warga Panik Berhamburan
Warga panik saat mengevakuasi diri akibat Gunung Semeru keluarkan awan panas. Foto/Ist.
A A A
LUMAJANG - Warga Desa Supiturang, Kecamatan pronojiwo, Kabupaten Lumajang, kembali dilanda kepanikan, saat Gunung Semeru kembali erupsi, Kamis (16/12/2021). Luncuran awan panas guguran ini mencapai jarak 4,5 km, membuat warga berhamburan meninggalkan rumahnya.



Kepala Desa Supiturang, Nurul Yaqin membenarkan adanya awan panas guguran yang keluar dari Gunung Semeru. Kejadiannya berlangsung pada pukul 09.01 WIB. "Ya tadi pagi, jam 09.01 WIB, luncurannya sejauh 4,5 km, lama gempa 912 detik, tapi berhenti di baratnya Antrokan," ungkapnya.



Namun luncuran awan panas ini sempat membuat warga panik. Mengingat saat kejadian berlangsung mereka tengah membersihkan rumah masing-masing di atas. Bahkan ia bersama tim Satgas Desa Supiturang, serta tim penyelamat sempat berlarian meminta masyarakat menyelamatkan diri ke posko pengungsian.



"Masyarakat kebingungan dan panik tadi, karena mereka di rumah waktu bersih-bersih material vulkanik. Saya tadi dengan tim SAR juga berlarian mengingatkan warga untuk turun," kata Nurul Yaqin.

Tidak ada korban jiwa atau luka dari luncuran awan panas susulan ini. Saat ini hingga pukul 10.00 WIB, dikatakan Nurul Yaqin warga masih berada di pos-pos pengungsian dan belum kembali ke rumah masing-masing lagi.



"Mereka masih di pos pengungsian, termasuk saya juga terdampak. Mereka masih ketakutan, tapi semua aman selamat di posko sudah dievakuasi. Kalau Semeru posisi masih waspada level 2," bebernya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)