Potensi Erupsi Semeru Masih Ada, Warga Diminta Jauhi Area Terdampak

Senin, 06 Desember 2021 - 17:51 WIB
loading...
Potensi Erupsi Semeru Masih Ada, Warga Diminta Jauhi Area Terdampak
Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas dengan jarak luncur sejauh 2,5 kilometer dan mengarah ke Besuk Kobokan.Foto/ANTARA
A A A
BANDUNG - Masyarakat diminta menjauhi area terdampak awan panas dan banjir lahar di sekitar Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, menyusul masih ada potensi erupsi berupa guguran awan panas dan banjir lahar.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Andiani mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menurunkan atau menaikkan status Gunung Semeru, masih tetap pada level 2 atau waspada.

Baca juga: Gasak Uang Rp400 Juta, Kawanan Perampok Bank di Karawang Tertangkap

"Level masih tetap sama, waspada. Selama pengamatan 12 jam, kami mencatat masih ada erupsi pada pagi tadi. Walaupun erupsi yang terjadi hari ini menunjukkan terjadinya jarak luncur guguran awan panas antara 2,5 hingga 4 km," kata Andiani, Senin (6/12/2021).

Menurut dia, potensi terjadinya erupsi berupa guguran awan panas masih mungkin terjadi. Namun pihaknya belum bisa memprediksi kapan akan terjadi. Pihaknya hanya bisa melakukan pengamatan terhadap kejadian gempa vulkanik yang biasanya menjadi indikasi adanya aktivitas magma.

Baca juga: Hingga Siang Ini, Gunung Semeru Terus Menunjukkan Aktivitas Gempa

"Banjir lahar juga berpotensi masih bisa saja terjadi, karena di hulu masih ada material sisa erupsi kemarin. Apalagi ada potensi hujan di puncak dan sekitar gunung, sehingga akan membawa material ke hilir," beber dia.

PVMBG menghimbau, warga tetap menjauhi area terdampak sisa guguran awan panas dan lahar Sabtu lalu.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1997 seconds (10.55#12.26)