Optimalisasi Go Green, Permukiman Warga Dipasang Solar Cell

Jum'at, 19 November 2021 - 10:33 WIB
loading...
Optimalisasi Go Green, Permukiman Warga Dipasang Solar Cell
Untuk menghemat penggunaan energi, Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) III Plaju mendukung wacana Go Green dengan memasang solar cell. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Untuk menghemat penggunaan energi , Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) III Plaju mendukung wacana Go Green dengan memasang solar cell. Diketahui, KPI RU III Plaju sudah mulai menggunakan solar cell sejak 2017 silam.

Area Manager Communication, Relation & CSR RU III, Siti Rachmi Indahsari mengatakan, di tahun 2017 solar cell On-Grid dengan kapasitas 9.000 Watt Peak (WP) mulai beroperasi di Gedung Perkantoran PT KPI RU III Plaju.

"Solar cell tersebut merupakan bagian dari pengembangan dan pemanfaatan energi baru terbarukan, serta sebagai bentuk dukungan PT KPI RU III Plaju terhadap penggunaan green energy atau energi bersih dan ramah lingkungan di Pertamina," ujar Siti, Jumat (19/11/2021).

Dijelaskan Siti, instalasi solar cell terbaru yang dipasang di lingkungan PT KPI RU III Plaju yakni berkapasitas 250.000 WP di Rumah Sakit Pertamina Plaju. Dengan penggunaan energi terbarukan yang memanfaatkan sinar matahari, panel surya ini juga menyumbang kontribusi dalam mengurangi emisi CO2 dan efek rumah kaca atau pemanasan global.

"Untuk optimasinya dalam penyerapan energi matahari, solar cell ini menggunakan Solar Tracking System dan On-Grid yang mampu meningkatkan kinerja serta efisiensi solar cell sekitar 10-30 persen," jelasnya.

Menurutnya, PT KPI RU III Plaju berkomitmen mendukung penggunaan energi baru terbarukan, terlebih Pertamina sebagai perusahaan energi, tentu juga fokus mendukung pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

"Pemasangan solar cell juga telah dilakukan PT KPI RU III Plaju di permukiman warga, tepatnya di Lorong Mari, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang. Disana, terpasang 10 solar cell dengan kapasitas masing-masing 250 watt. Jika ditotal, kapasitas solar cell di Lorong Mari mencapai 2.500 watt," ungkapnya.

Dengan pembangunan Solar Cell ini, kata Siti, PT KPI RU III Plaju berupaya mendukung tujuan ketujuh dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yakni menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan dan modern untuk semua.

"Tujuan SDGs yang dicapai yakni target 7.a, yakni pada tahun 2030, memperkuat kerja sama internasional untuk memfasilitasi akses pada teknologi dan riset energi bersih, termasuk energi terbarukan, efisiensi energi, canggih, teknologi bahan bakar fosil lebih bersih, dan mempromosikan investasi di bidang infrastruktur energi dan teknologi energi bersih," kata Siti.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4553 seconds (0.1#10.140)