Gunakan Alat Tempur Canggih, 4.000 Prajurit TNI AD Terlibat Pertempuran Mematikan di Baturaja

Kamis, 18 November 2021 - 17:36 WIB
Gunakan Alat Tempur Canggih, 4.000 Prajurit TNI AD Terlibat Pertempuran Mematikan di Baturaja
Prajurit TNI AD melaksanakan latihan puncak antar kecabangan brigade tim pertempuran 13 di Puslatpur Baturaja Martapura. Foto/iNews TV/Widori Agustino
A A A
OGAN KOMERING ULU - Adu tembakan mematikan, disertai ledakan roket yang dilepaskan dari tank-tank canggih dan helikopter serbu jenis Apache TNI AD silih berganti menghiasi langit, serta daratan di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

Baca juga: Jenderal Top Iran: Latihan Perang Zulfiqar-1400 Bukti Kami Siap Hadapi Agresi Musuh

Mobilitas pasukan terus dilakukan, baik melalui udara maupun darat. Medan berat di antara lebat hutan, dan sungai-sungai mampu ditakhlukkan oleh para prajurit TNI AD. Dukungan dari berbagai peralatan canggih, semakin mempercepat pergerakan prajurit dalam menyerbu pertahanan lawan.



Salah satu alat berat yang digunakan dalam pertempuran tersebut, adalah M31 Amphibious Ponton. Kendaraan lapis baja ini, mampu menjadi jembatan untuk mempercepat pergerakan kendaraan lapis baja, dan para prajurit.

Baca juga: Pengusaha Rumah Makan Padang Dibunuh, Istri dan 6 Pembunuh Bayaran Peragakan 18 Adegan



Pertempuran sengit ini, merupakan puncak latihan Antar Kecabangan Brigade Tim Pertempuran 13 di Puslatpur Baturaja. Dalam latihan tempur tersebut, juga dilakukan penerjunan barang menggunakan payung yang dilengkapi GPS.

Wakasad, Letjen TNI Bakti Agus Fadjari menyebutkan, dalam latihan tempur ini para prajurit TNI AD juga menggunakan teknologi pengindraan dari topograpi. "Latihan tempur ini, diikuti seluruh satuan mulai bataliyon, hingga birgade di selurh Indonesia," ungkapnya.

Baca juga: Babinsa Koramil 1016-01 Pahadut Berjibaku Selamatkan Bayi-bayi Korban Banjir

Ratusan prajurit TNI AD dari Brigif 13 juga melakukan penyerbuan melalui jalur udara. Mereka diterjunkan menggunakan pesawat angkut berat C-130 Hercules. "Latihan kali ini, berbeda dari latihan sebelumnya. Kemampuan dari setiap kesatuan ditingkatkan. Nantinya kita juga menggelar latihan gabungan yang melibatkan pasukan dari berbagai negara," tuturnya.
(eyt)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1616 seconds (10.177#12.26)