Pemda se-Asia Timur Gelar Kongres di Jabar Bahas Investasi hingga Pariwisata

Rabu, 17 November 2021 - 23:27 WIB
loading...
Pemda se-Asia Timur Gelar Kongres di Jabar Bahas Investasi hingga Pariwisata
Section meeting penyelenggaraan Kongres Pemda se-Asia Timur ke-11 dimana Jabar didapuk sebagai tuan rumah. Foto: SINDONews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Pemerintah daerah (pemda) se-Asia Timur bakal menggelar kongres di Jawa Barat untuk membahas peluang kerja sama investasi hingga pariwisata.

Kongres bertajuk The 11th East Asia Local and Regional Government Congress tersebut rencananya bakal digelar di Kota Bandung , 17 November 2022 mendatang.



Kongres yang digelar untuk ke-11 kalinya ini menjadi wadah bagi pemda untuk saling bertukar gagasan dan mengembangkan kerja sama antarpemerintah provinsi dan kota se-Asia Timur dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jabar, Dodit Ardian Pancapana mengatakan, kongres ini bakal menjadi ajang promosi, investasi, perdagangan, hingga pariwisata.

"Sebuah kehormatan Provinsi Jawa Barat ditunjuk menjadi tuan rumah Kongres Pemerintah Daerah Asia Timur. Ini akan menjadi media pertukaran pengalaman pemerintah-pemerintah daerah dalam menghadapi pandemi dan memulihkan ekonominya," tutur Dodit seusai Section Meeting atau pra event yang dihadiri sekitar 230 peserta perwakilan pemerintah daerah se-Asia Timur di The Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (17/11/2021).



Menurut Dodit, sebagai tuan rumah pelaksanaan kongres, Jabar berpeluang menjadi hub dalam jejaring hubungan internasional yang selanjutnya diharapkan membuka akses bagi para pelaku ekonomi Jabar untuk go internasional.

Kasubag Kerja Sama Luar Negeri, Taufiq Firdaus Al Muzaky menjelaskan, section meeting merupakan pertemuan atau seminar yang diselenggarakan oleh pemda anggota kongres.

Section meeting ini menjadi ajang bagi para working level officials dari berbagai pemda anggota kongres lintas negara berkumpul dan membahas isu-isu penting yang sedang dialami.



"Section meeting ini penting karena sebagai bentuk perwujudan itikad baik Provinsi Jawa Barat menunjukkan keseriusan dan kesiapan Jawa Barat sebagai tuan rumah dan co-organizer melalui rangkaian persiapan yang sistematis mesikipun telah dilakukan penundaan karena pandemi COVID-19. Diharapkan section meeting ini bisa menjadi awal keberhasilan penyelenggaraan kongres," kata Muzaky.

Untuk diketahui, Kongres Pemda se-Asia Timur diinisiasi oleh Pemerintah Prefektur Nara, Jepang. Kongres itu dibentuk dalam rangka mendasari pembangunan Asia Timur dan mendukung langkah proaktif dalam merealisasikan ide-ide. Kongres beranggotakan 75 pemda dari 7 negara.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)