BUMP Cilacap Diluncurkan, Gubernur Jateng: Keuntungan Petani Melimpah

Rabu, 17 November 2021 - 21:00 WIB
loading...
BUMP Cilacap Diluncurkan, Gubernur Jateng: Keuntungan Petani Melimpah
Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT Wijayakusuma Pangan Mandiri diluncurkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sidareja, Cilacap, Rabu (17/11/2021). Foto/Ist
A A A
CILACAP - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meresmikan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT Wijayakusuma Pangan Mandiri di Cilacap, Rabu (17/11/2021). Ganjar yakin adanya BUMP akan meningkatkan produktivitas petani bahkan pendapatannya.

“BUMP hasilnya bagus, misinya satu saja satu produktivitas pertaninnya bagus, harga ditingkat petani bisa naik. Sehingga diciptakan (BUMP) sama kawan-kawan ini (petani) untuk pendamping,” kata Ganjar Pranowo di Gudang Sidareja, Cilacap.

Baca juga: Survei: Elektabilitas Ganjar Tinggi, Ada Potensi Suara Prabowo ke Anies jika...

Badan Usaha Milik Petani (BUMP) merupakan badan usaha yang dibentuk, dimiliki, dan dikelola oleh petani. Badan ini bertujuan untuk memperbaiki mutu budidaya dan pengelolaan usahatani demi terwujudnya peningkatan produktivitas, nilai-tambah produk, dan perbaikan pendapatan usaha tani.

Selain itu perbaikan daya tawar dan kemampuan membangun kemitraan strategis yang maju, inovatif, dan berkelanjutan. BUMP merupakan hybrid dari kelembagaan bisnis dan pemberdayaan masyarakat khususnya petani.

Ganjar menyebut adanya BUMP dapat memudahkan akses kebutuhan petani, mencapai kemandirian hingga menguntungkan pendapatan petani-petani tersebut. Mereka bisa mendapat dua pendapatan yaitu dari keuntungan dan pembagian saham antar petani.



“Kenapa badan usaha milik petani? Agar petani memiliki usahanya sendiri sehingga itu bisa memotong middleman kalau dulu middlemannya ada delapan terakhir tuh tinggal empat, kalau dengan BUMP middlemannya ya BUMP sendiri badan usahanya milik petani, dia menjadi of taker produk pertanian mereka menjualkan, di akhir tahun mereka rapat untuk pemegang saham ada defidennya dibagi pada mereka lagi,” ucapnya.

“Sehingga petani akan mendapat dua keuntungan, menjual produk dan pada saat akhir tahun mereka rapat pemegang saham. Nah tugas saya adalah mendampingi dengan para pakar untuk kita kembangkan kita fasilitasi,” lanjutnya.

Baca juga: Miris Ini Pengakuan Ibu yang Diusir dan Digugat Anak Kandungnya

Ganjar yakin BUMP selain menguntungkan para petani yang ada, juga dapat membuka lapangan kerja. Ganjar berharap di setiap kabupaten di Jawa Tengah ada BUMP.

“Kita akan mulai tambah pengalaman-pengalaman yang bagus, akan kita tularkan sehingga kelak kemudian itu tidak usah kita paksa ya ada semacam demplot2 yg petani lain nanti bisa mengikuti, bisa belajar,” ujarnya.

“Harapan saya setiap kabupaten punya untuk menjadi contoh saja,” pungkasnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1984 seconds (11.210#12.26)