Sambut Gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika, 9 BTS 4G Disiagakan

Kamis, 11 November 2021 - 11:12 WIB
loading...
Sambut Gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika, 9 BTS 4G Disiagakan
Teknisi jaringan XL Axiata bekerja di atas menara BTS di dekat Sirkuit Mandalika. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G di Lombok dalam kondisi prima dan siap menyambut penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, 19-21 November 2021.

Sedikitnya ada 9 Base Transceiver Station (BTS/stasiun pemancar) 4G yang telah disiapkan untuk meng-cover seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area wisata di sekelilingnya, yang di dalamnya terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran, dan berbagai penunjang pariwisata lainnya.

"Kami juga menyiagakan satu unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung," kata Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Kamis (11/11/2021).

Dia mengatakan, potensi lonjakan trafik di area Mandalika bisa terjadi saat kedua event balap dunia, WSBK dan MotoGP berlangsung. Meskipun mungkin penonton di dalam sirkuit masih dibatasi, namun kemungkinan besar masyarakat lokal maupun dari luar Lombok akan tetap berdatangan ke Mandalika.

"Event besar ini juga akan menarik wisatawan asing untuk datang. Apalagi, sebagai destinasi wisata super prioritas, Mandalika juga memiliki sejumlah area wisata yang juga menarik," ujarnya. Baca Juga: Penuh Ledakan dan Serangan Teroris, Begini Simulasi Pengamanan Jelang WSBK Mandalika

Peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Mandalika. XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Lombok, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau.

"Saat ini, di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok kini telah terlayani oleh layanan 4G XL Axiata. Total ada lebih dari 4 ribu BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G," imbuh Gede Darmayusa.

Jumlah BTS 4G tersebut, kata dia, masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok. Khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata akan menerapkan teknologi terbaru yaitu Massive MIMO.

"Dengan teknologi ini ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2855 seconds (0.1#10.140)