Warga di Sekitar Jalan Palopo-Toraja Utara Diimbau Waspada Longsor

Kamis, 11 November 2021 - 08:53 WIB
loading...
Warga di Sekitar Jalan Palopo-Toraja Utara Diimbau Waspada Longsor
Longsor terjadi di sekitar jalan Palopo-Toraja Utara, Rabu (10/11/2021). Foto/Istimewa
A A A
PALOPO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo mengimbau warga yang tinggal di sekitar jalan Palopo-Toraja Utara, tepatnya Kelurahan Battang dan Battang Barat untuk waspada.

Peringatan itu disampaikan usai terjadi beberapa kali longsoran kecil dan besar di beberapa titik, khususnya di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat.

Ketua TRC BPBD Kota Palopo, Sulkifli Sukirman mengatakan, memang status bencana di Wara Barat belum dikeluarkan secara resmi. Namun, BPBD tetap mengimbau warga untuk waspada khususnya saat hujan deras dan yang tinggal di sepanjang jalan poros Palopo-Toraja Utara.

"Harapan kami dari BPBD mengimbau masyarakat di Battang dan Battang Barat waspada, apa lagi hujan intensitasnya lebat setidaknya masyarakat waspada," ujarnya.



"Titik rawan akses jalan Palopo-Toraja Utara banyak sebenarnya, baik yang potensinya kecil tapi akan besar dan ada beberapa memang potensinya besar," lanjut Sulkifli.

Apalagi, kata dia, sepanjang jalan ke hulu Kota Palopo ini kontur tanahnya cukup labil. "Waspada tapi tidak panik, waspada khususnya saat hujan deras. Karena sepekan terakhir banyak terjadi longsoran," ujarnya.

Diinformasikan BPBD Kota Palopo, longsor kembali terjadi pada Rabu (10/11/2021) sore hari, tepatnya antara km 13 dan km 14 yang menutup badan jalan sepanjang kurang lebih 20 meter.

Akibatnya jalur Palopo-Toraja kembali terputus. Longsor ini menyebabkan satu rumah ibadah roboh dan tertimbun material longsor.

Dua hari sebelumnya, tepatnya senin malam, juga terjadi longsor di 3 titik. Longsor ini cukup besar dan sempat menutup badan meski akhirnya material longsor berhasil dibersihkan BPBD bekerja sama Dinas PUPR Kota Palopo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)