4 Penyebab Kecelakaan Maut Mobil Vanessa Angel di Jalan Tol Jombang Diungkap Pustral UGM

Minggu, 07 November 2021 - 20:38 WIB
loading...
A A A
“Konsep desain jalan berkeselamatan adalah seluruh sistem lalu lintas jalan disesuaikan dengan keterbatasan atau kemampuan manusia sebagai pengguna jalan, tujuannya untuk mencegah terjadinya tabrakan yang melibatkan elemen infrastruktur jalan,” kata Iwan.

Untuk mengurangi kecelakaan, pencegahan dan keselamatan lalu lintas dapat dilakukan dengan aspek rekayasa, aspek pendidikan, dan aspek hukum.

Aspek rekayasa berupa penyediaan dan pengembangan tempat istirahat, pemeliharaan jalan dan prasarananya, pemasangan rumble stripe, merapatkan jarak antar guide post, pemasangan marka, pemasangan warning light atau lampu flip flop, pemasangan rambu, dan pembatasan kecepatan.

Karena penyebab utama adalah manusia, perlu memperbaiki perilaku pengendara yang bisa dimulai dari pendidikan di sekolah, melalui imbauan, dan juga pelatihan. Ujian keterampilan harus dilakukan di lapangan dan mengerti arti dari rambu-rambu lalu lintas.

“SIM hanya diberikan kepada orang yang benar-benar mampu dan terampil serta santun dalam mengendarai kendaraan, umur sesuai dengan ketentuan, dan kesehatan yang prima,” katanya.

Kasus kecelakaan di jalan tol belakangan ramai diperbincangkan karena menewaskan artis Vanessa Angel di tol Jombang. Vanessa meninggal bersama suaminya, Bebi Ardiansyah setelah mobil yang mereka tumpangi menabrak beton pembatas jalan tol.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)