4 Penyebab Kecelakaan Maut Mobil Vanessa Angel di Jalan Tol Jombang Diungkap Pustral UGM

Minggu, 07 November 2021 - 20:38 WIB
loading...
4 Penyebab Kecelakaan Maut Mobil Vanessa Angel di Jalan Tol Jombang Diungkap Pustral UGM
Pustral UGM memaparkan empat faktor yang memicu tingginya kasus kecelakaan di jalan jalan tol, seperti kecelakaan maut yang menimpa mobil artis Vanessa Angel. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Kecelakaan maut yang menimpa mobil artis Vanessa Angel di Jalan Tol Nganjuk-Jombang diduga terjadi karena beberapa faktor pemicu. Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM memaparkan empat faktor yang memicu tingginya kasus kecelakaan di jalan bebas hambatan atau dikenal dengan jalan tol.

"Ada empat faktor penyebab kecelakaan di jalan tol, yaitu faktor pengemudi, faktor kendaraan, faktor lingkungan jalan dan faktor cuaca. Biasanya antar faktor saling berinteraksi," kata Peneliti Pustral UGM, Iwan Puja Riyadi, Minggu (7/11/2021).



Faktor pengemudi atau sopir di antaranya karea mengantuk, tidak fokus, atau kelelahan, menyetir di bawah pengaruh obat-obatan, narkotika, atau alkohol. Belakangan banyak sopir yang menyetir sambil melihat gawai baik handphone atau tablet.

Pengemudi harus bisa mengontrol laju kendaraan, karena banyak yang memacu mobil melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan. Hal ini memicu terjadinya hilang kendali dan kecelakaan.

“Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan dan bukan jalan di mana pengemudi dengan bebas memacu kecepatan,” ujarnya.

Pengemudi harus menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan lajur yang dipilih dan menjaga jarak aman. Bahu jalan bukan tempat berhenti jika tidak sedang dalam kondisi darurat.



Sedangkan faktor kendaraan seperti kondisi mesin, rem, lampu, ban, dan muatan bisa menjadi penyebab kecelakaan. Demikian juga dengan faktor cuaca berupa kondisi hujan, kabut, atau asap.

Untuk faktor lingkungan jalan berupa desaian jalan seperti median, gradien, alinyemen dan jenis permukaan. Selain itu juga alat kontrol jalan seperti marka, rambu dan lampu lalu lintas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2614 seconds (0.1#10.140)