Kirab Budaya Digelar Saat Peringati Maulid Nabi di Maros

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 17:03 WIB
loading...
Kirab Budaya Digelar Saat Peringati Maulid Nabi di Maros
Komunitas Badik Celebes memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, atau Maudu Ada dan Kirab Budaya, Kamis (28/10/2021). Foto: Sindonews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Komunitas Badik Celebes menggelar kirab budaya untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, atau Maudu Ada' pada, Kamis (28/10/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balla Lompoa, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Dari pantauan di lokasi, 30 bakul anyaman bambu berisi makanan khas maulid di pikul peserta dari berbagai organisasi maupun lembaga budaya. Tak hanya itu, terdapat pula pertujukan Angaru menyambut kedatangan Bupati Maros, AS Chaidir Syam.



Ketua Komunitas Badik Celebes, Ahmad Hatta mengatakan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peringatan hari sumpah pemuda. Rencananya kirab budaya ini akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan.

"Ini adalah rangkaian Maudu Ada' dan juga pameran bilah pusaka, Mattompang bersama, yang dirangkaikan dengan pembacaan sumpah pemuda yang dilaksanakan oleh Badik Celebes," katanya.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengembalikan semangat berbudaya para generasi muda.

"Tujuannya adalah bagaimana kami mengembalikan semangat berbudaya dan memahamkan kembali kepada anak cucu tentang tokoh islam yang ada di Kabupaten Maros , utamanya yang ada di Kecamatan Marusu," lanjutnya.

Dia menambahkan, antusias masyarakat mengikuti kegiatan ini sangat besar. Bahkan, ruas jalan dipenuhi masyarakat yang berbondong-bondong ingin melihat langsung dan mengabadikan rangkaian kegiatan ini.

"Antusias peserta mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Terlihat dari jumlah peserta yang hadir melebihi undangan yang disebar yang hanya berjumlah 300 saja," jelasnya.



Chaidir Syam berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan. "Alhamdulillah, hari ini kita melakukan kegiatan Maulid Nabi, sekaligus juga tadi ada kirab budaya . Saya harap ini bisa menjadi agenda tahunan, sekaligus sebagai wadah pengenal budaya bagi generasi muda," ucapnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4488 seconds (0.1#10.140)