Ribuan Jamaah Khalwatiah Hadiri Maulid Besar di Maros

Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:28 WIB
loading...
Ribuan Jamaah Khalwatiah Hadiri Maulid Besar di Maros
Ribuan Jamaah Tarekat Khalwatiah Samman berdatangan dari berbagai kabupaten dan provinsi untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Dusun Pattene. Foto: Sindonews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Ribuan Jamaah Tarekat Khalwatiah Samman berdatangan dari berbagai kabupaten dan provinsi untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Dusun Pattene, Desa Temmapaduae, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros.

Peringatan Maulid yang digelar dirangkaikan dengan Khaul Akbar ke 54 Wali Mursyid Tharekat Khalwatiah Samman Al Mukarram Asyekh Al Haj H Andi Muhammad Saleh (Puang Lompo) ini, dilaksanakan di aula Khalwatiah . Puncak kegiatan maulid tersebut berlangsung pada hari Rabu, (27/10/2021).



Ribuan jamaah yang hadir ini melakukan beberapa ibadah, seperti salat berjamaah lima waktu, dzikir usai sholat Isya dan Subuh, serta berziarah ke makam Puang Lompo dan para Khalifah Khalwatiah Samman serta keturunan dari Puang Lompo.

Bupati Maros , AS Chaidir Syam yang menghadiri Maulid Lompo tersebut mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan religius seperti ini. Apalagi kata dia, kegiatan keagamaan ini telah terjadi sejak lama, dengan tulisan sejarah yang cukup panjang.

"Kita harus memberikan ruang untuk kegiatan seperti ini. Bahkan kita juga ikut menjaga tarekat yang kita miliki semua," ungkap Chaidir.

Pihaknya akan berusaha untuk tetap menjaga tempat-tempat yang menjaga tingkat keimanan dan religius, termasuk tarekat Khalwatiah.

Meskipun begitu, Chaidir kembali mengingatkan agar jamaah tidak lalai pada penerapan protokol kesehatan. Ini harapan agar peringatan Maulid kedepannya bisa dilakukan setiap tahun tanpa khawatir Covid-19 .

"Semoga jamaah tarekat bisa mendukung pemerintah dalam rangka vaksinasi. Untuk jamaah yang belum vaksin, kami menyediakan tim vaksinator di puskesmas," tutur Chaidir.

Di tengah berlangsungnya kegiatan, Chaidir mengaku akan membuat pintu gerbang untuk Dusun Pattene. Menurutnya, gerbang yang dijanjikan akan lebih menonjolkan Dusun Pattene sebagai tempat berkumpulnya jamaah Tarekat Khalwatiah .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6104 seconds (0.1#10.140)