Fakultas Teknik Mesin ITB Serahkan Swab Chamber ke RSUD Cibabat

Rabu, 22 April 2020 - 11:55 WIB
loading...
Fakultas Teknik Mesin ITB Serahkan Swab Chamber ke RSUD Cibabat
Fakultas Teknik (FT) Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) menyerahkan bantuan peralatan medis berupa 4 unit swab chamber kepada RSUD Cibabat, Kota Cimahi, Jawa Barat. Foto/iNews TV/Unang Setiawan  
A A A
CIMAHI - Fakultas Teknik (FT) Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) menyerahkan bantuan peralatan medis berupa 4 unit swab chamber kepada RSUD Cibabat, Kota Cimahi , Jawa Barat. Swab chamber ini berfungsi memisahkan kontan antara pasien virus corona (COVID-19) dengan tenaga medis. Sehingga tidak bertatap muka secara langsung karena terpisah dengan kaca.

Pembuatan alat ini dilakukan karena banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar virus COVID-19 saat merawat pasien. Cara pemakaian alat ini yakni tenaga kesehatan masuk ke chamber dengan memasukkan tangan ke dalam sarung tangan untuk melakukan swab. Setelah dilakukan swab terhadap pasien maka diberi uap sterilisasi. (Baca juga: Pandemi COVID-19, Kesembuhan Pasien Corona Terus Naik)

Swab chamber buatan FT Mesin ITB ini diberikan ke RSUD Cibabat dengan donasi dari Dr Adhi Nugraha dan Dr Sonny Sosatya. (Baca juga: DNA Mirip Manusia, Orangutan dan Kera Besar Rawan Terinfeksi Virus Corona)

Menurut Adhi Nugraha, swab chamber ini sangat membantu tenaga kesehatan yang akan terlindungi dari droplet maupun udara tidak ada hubungan langsung antara dokter dengan pasien. "Itu akan membuat tenaga medis lebih nyaman.

Dia berharap alat swab chamber ini dapat segera disebarluaskan ke semua rumah sakit rujukan COVID-19 dan laboratorium yang memeriksa swab test di di seluruh Indonesia. (Baca juga: Bukan Buatan Lab, WHO Sebut Virus COVID-19 Berasal dari Hewan)

Ketua Himpunan Mahasiswa FT Mesin ITB, Aria Dwipajaya menjelaskan bahwa alat ini dibuat karena sangat dibutuhkan rumah sakit. "Kami merancang bagaimana caranya bilik yang dibuat bisa kedap udara dari luar sehingga tidak ada pertukaran udara dari pasien ke dokter. Sehingga aman," katanya.

Selain sumbangan swab chamber, RSUD Cibabat juga mendapatkan sumbangan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat berupa perlengkapan APD.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)