Minim Catatan Sejarah, Bangunan Makam di Jalan Majapahit Kota Malang Masih Misteri

Kamis, 21 Oktober 2021 - 09:06 WIB
loading...
A A A
Menurut Reza, selama proses pembangunan Splendid Inn yang kini berganti nama menjadi Wisma Tumapel pada tahun 1923, belum ada catatan terkait bangunan yang diduga makam itu. Apalagi kalau bicara duluan mana antara bangunan yang diduga makam dengan pembangunan Splendid Inn di zaman Belanda, ia tak bisa menerka.

"Wisma Tumapel 1923 makamnya harus sebelum itu. Kalau bicara makam itu pembuktiannya susah kalau mau dibuktikan harus kita bor, dalam itu ada struktur tanah yang berbeda tidak di bawah kijing itu. Itu yang kita nggak tahu dan nggak pernah membuktikan, yang fokus pembangunan Splendid Inn itu fokusnya," terangnya.

Minimnya catatan sejarah dari bangunan yang diduga makam ini membuatnya mengasumsikan bisa saja bangunan itu dibuat, agar tidak digusur. Maka julukan shadow makam, disematkan Reza kepada bangunan itu. Baca: Lembang Diterjang Longsor, Tembok Rumah Warga Jebol Dihantam Material.

Hal ini diperkuat dengan karakter orang Jawa, pada khususnya yang sering memercayai bangunan makam yang kemudian dieksploitasi.

"Makam itu shadow makam, makam pura - pura, biar nggak digusur, namanya kekuatan yang sudah mati, atau memang dibuat, karena tahu di Jawa khususnya, dan masyarakat Indonesia punya kepercayaan berlebihan kepada makam, sehingga itu dimanfaatkan dieksploitasi," terangnya.

Nada serupa diungkapkan Sejarawan Dwi Cahyono yang belum mengetahui asal usul adanya bangunan yang diduga kuat makam ini. Baca Juga: Berdalih Pemerasan, Wartawan Korban Penyiraman Air Keras Dilaporkan Tersangka ke Polisi.

"Ya siapa pun itu kayaknya juga nggak tahu siapa tokoh itu. Nggak bakal tahu, kalau ada yang kemudian nyebut Mbah siapa, jelas itu identifikasi baru. Saya nggak yakin kalau itu nama tokoh yang sesungguhnya, reka-rekaan orang - orang sekarang," papar Dwi Cahyono.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)