Sederet Prestasi Jawa Tengah Dipimpin Ganjar Pranowo

Selasa, 19 Oktober 2021 - 14:29 WIB
loading...
Sederet Prestasi Jawa Tengah Dipimpin Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dok/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas komitmen dan peran pemerintah daerah dalam pembangunan sektor perempuan dan anak , khususnya melalui strategi pengarusutamaan gender.

Jateng menjadi yang terbaik karena mendapatkan penghargaan kategori Mentor, penghargaan tertinggi dalam kategori Anugerah Parahita Ekapraya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengucapkan selamat pada semua pihak yang telah bekerja keras dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender di Jateng. Dia menegaskan pengarusutamaan gender memang menjadi fokus utama dalam pemerintahanya.

"Karena selain kodrat, tidak ada satu hal pun yang pantas untuk diperbedakan. Gender bukan penghalang meraih kesuksesan," kata Ganjar.

Selain mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, ada berbagai prestasi Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo. Di antaranya, penghargaan SAKIP Award tahun 2019. Prestasai ini diperoleh setelah provinsi Jawa Tengah memperoleh nilai A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Prestasi itu diperoleh tak lepas dari berhasilnya pemerintah Jateng menerapkan sistem e-planning dan e-budgeting dan telah terintegrasi melalui SAKIP. Selain itu, provinsi itu juga berhasil memangkas kegiatan yang tadinya sebanyak 4.646 kegiatan menjadi 890 kegiatan saja. Sehingga mampu melakukan efisiensi anggaran sebanyak Rp1,2 triliun.

Selain itu, Pemerintah Jawa Tengah juga meraih penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2017. Lembaga itu menyatakan Provinsi Jawa Tengah sebagai provinsi dengan tingkat kepatuhan laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara (LHKPN) terbaik di tahun 2017.

Ganjar Pranowo mengatakan, sejak awal dirinya menjabat, dia selalu mendorong agar terbentuk wujud birokrasi yang bersih. Untuk itu ia menerbitkan SK Gubernur Jateng Nomor 770/4 tahun 2014 yang isinya ketentuan LHKPN di lingkungan pemrov Jateng yang diwajibkan bagi pejabat eselon I sampai eselon IV serta direksi, komisaris, dan dewan pengawas BUMD milik pemrov Jateng.

Di bawah kepemimpinan Ganjar, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga memperoleh Paritrana Award. Yakni penghargaan yang diberikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) Republik Indonesia dalam hal perlindungan tenaga kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)