Sedekah Bumi, Ribuan Orang Berebut Gunungan Mangga di Wisata Benowo Park

Minggu, 17 Oktober 2021 - 20:31 WIB
loading...
A A A
“Tradisi ini merupakan kegiatan budaya yang digelar turun temurun sebagai ungkapan rasa syukur agar diberikan panen melimpah, desa yang makmur dan dijauhkan dari mara bahaya,” kata Kepala Desa Penggarit Taman Pemalang, Imam Wibowo.

Warga bergotong royong memberikan hasil bumi, buah buahan dan membawa tumpeng untuk dimakan dan dinikmati bersama. Hal ini untuk mengungkapkan rasa syukur juga berharap panen ke depan lebih baik lagi.



“Kami sangat senang dan gembira dengan adanya kegiatan ini, karena sebagai ungkapan rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kami berharap rejeki dan hasil panen kembali melimpah,”
ujar salah seorang warga, Erlina.

Parade budaya juga diramaikan dengan pentas musik tradisional gejog lesung, musik yang sudah jarang dimainkan ini dilestarikan warga desa agar bisa tetap menjadi aset budaya dan aset wisata di daerah ini.

Warga senang ikut berebut dan mendapatkan buah mangga sayuran juga hasil bumi mereka berharap agar bisa mendapat berkah panen juga melimpah dan selalu diberi rejeki berlimpah.

“Kami senang karena selain hasil panen warga melimpah, kami juga bisa menikmati sajian musik tradisional yang jarang kami temukan di luar,” kata salah seorang pengunjung, Ken Roro Arditi.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)