PPSDM Geominerba Gelar 4 Diklat Daring untuk Industri, Internal, dan Mahasiswa

Rabu, 03 Juni 2020 - 13:37 WIB
loading...
PPSDM Geominerba Gelar 4 Diklat Daring untuk Industri, Internal, dan Mahasiswa
PPSDM Geominerba menggelar diklat secara daring. Foto/Dok.PPSDM Geominerba
A A A
BANDUNG - Seusai libur Idul Fitri 1441, PPSDM Geominerba kembali menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan (diklat). Lantaran masih di tengah pandemi COVID-19, diklat pun digelar secara daring atau online.

Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Ade Hidayat membuka empat diklat sekaligus pada Selasa (2/6/2020). Yang berbeda, pembukaan kali ini dilaksanakan secara online dari kantor PPSDM Geominerba. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan penerapan new normal.

Pendidikan dan pelatihan untuk industri adalah Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi Pengawas Operasional Pertama (POP) dan Pengawas Operasional Madya (POM) pada Pertambangan. Keduanya merupakan diklat wajib untuk pengawas operasional guna mendapat sertifikat kompetensi agar dapat menduduki posisi tersebut.

“Kami membantu para peserta untuk memenuhi standar kompetensi yang sesuai dengan Keputusan Menteri sebagai Standar Kompetensi Kerja Khusus Pertambangan untuk pengawas operasional,” kata Ade dalam sambutan pembukaannya. “Kurikulum yang kami susun pun mengacu pada standar tersebut,” kata Ade.

Diklat POP diikuti sembilan orang, sementara lima peserta lain mengikuti Diklat POM. Kedua diklat tersebut akan berlangsung selama 12 hari dari Selasa 2 hingga 13 Juni 2020. (BACA JUGA: 3 Bulan Diterpa Pandemi COVID-19, Begini Kondisi Hotel dan Pariwisata di Jabar Saat Ini )

Sedangkan diklat Diklat Pengenalan Air Tanah yang dikhususkan bagi aparatur non teknis internal KESDM. Diklat ini merupakan upaya meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kompetensi untuk aparatur di lingkungan Kementerian ESDM. (BACA JUGA: 54 Desa Jabar Kritis COVID-19, Warga Dilarang Keluar dan Terima Tamu )

Sebanyak 25 peserta mengikuti Diklat Pengenalan Air Tanah yang akan berlangsung selama tiga hari (2-4 Juni 2020). Selain itu, ada juga diklat khusus untuk mahasiswa. Mahasiwa yang mengikuti diklat ini akan memperoleh Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). (BACA JUGA: Update Corona Jabar: Bertambah 18 Kasus, Pasien Positif Jadi 2.314 Orang )

Sementara itu, mahasiswa mengikuti Diklat Dasar-dasar Keselamatan Pertambangan yang diikuti sebanyak 25 orang dan berlangsung selama tiga hari Selasa hingga Kamis (2-4/6/2020). “Mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan dan sasaran dari keempat diklat ini dapat tercapai dengan baik,” ujar Ade.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)