LAN Apresiasi Pengembangan Kompetensi ASN Pemprov Jawa Timur

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 10:51 WIB
LAN Apresiasi Pengembangan Kompetensi ASN Pemprov Jawa Timur
LAN memberikan Lencana Kehormatan Kepala Daerah Pemimpin Perubahan dan juga piagam penghargaan atas peran kepemimpinannya yang inspiratif. (Ist)
A A A
SURABAYA - Saat ini, bangsa Indonesia dan bahkan dunia sedang dihadapkan pada ujian pandemi COVID-19 yang meskipun jumlah kasus COVID sudah mengalami penurunan, namun kita tetap harus waspada dan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Terjadinya pandemi ini, bisa menjadi ujian sekaligus peluang untuk mencari terobosan dan inovasi pelayanan publik yang semakin baik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si pada Pelepasan dan Penutupan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI Tahun 2021 Pemerintah Provinsi Jatim di Gedung BPSDM Jatim, Jalan Balongsari Tama Surabaya, Kamis (14/10/2021).

“Apabila kita perhatikan terdapat blessing in the disguise dari adanya pandemi COVID-19 yakni lompatan pemanfaatan digital dalam berbagai sektor pemerintahan. Pandemi COVID-19 telah menjadi momentum dalam percepatan transformasi digital, menjadikan aparat birokrasi lebih adaptif dan terampil memanfaatkan teknologi dengan mengedepankan inovasi dan kreativitas," ujarnya.

Adi Suryanto menjelaskan bukan zamannya lagi menjadi ASN yang pasif dan manja, melainkan zaman dimana kemandirian, kreativitas, inovasi dan kemampuan memecahkan masalah menjadi kunci kesuksesan utama, dari manapun anda berasal.



Pada kesempatan tersebut, Kepala LAN juga menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pasalnya, Khofifah telah memberikan bukti konkret menjadi seorang pemimpin perubahan di Provinsi Jawa Timur. Dan juga menjadi salah satu pimpinan daerah yang memberi perhatian yang cukup besar terhadap pengembangan kompetensi aparatur.

Untuk itu, LAN memberikan Lencana Kehormatan Kepala Daerah Pemimpin Perubahan dan juga piagam penghargaan atas peran kepemimpinannya yang inspiratif dalam pengembangan kompetensi ASN dalam rangka mendukung terwujudnya world class government di Jatim.

Menerima penghargaan dari Adi Suryanto, Khofifah Indar Parawansa juga menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya untuk dukungan LAN dalam pengembangan kompetensi ASN di Jawa Timur. Menurut Khofifah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki keseriusan terhadap pengembangan ASN. Pasalnya, ASN adalah pelayan masyarakat, maka mereka harus memiliki kualitas dan ilmu wawasan yang lebih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“ASN hari ini diharapkan bekerja melebihi tugas dan tanggung jawab. Maka, ASN bekerja tidak hanya dalam jam kerja saja, quick response atau respon cepat, membutuhkan kita anytime , harus siap memberikan layanan kepada masyarakat. Hal-hal seperti ini yang diharus diberikan pemahaman kepada para ASN baik di tingkat provinsi, kabupaten maupun kota. Dalam akronim yang dikembangkan Pemprov yang dikenal CETTAR yaitu cepat, efektif- efisien, tanggap, transparan, akuntabel dan responsif,” tambahnya. Baca: Menjijikkan, Tren Mabuk di Kalangan Pelajar Karawang Minum Air Rebusan Pembalut Wanita.

Pada kesempatan tersebut, Kepala LAN juga memberikan penghargaan kepada 5 peserta terbaik dalam PKN Tingkat II Angkatan XVI Tahun 2021 BPSDM Provinsi Jawa Timur.

Sebagai informasi, PKN Tingkat II ini diikuti sebanyak 55 peserta terdiri dari 3 orang Kejaksaan Agung, 7 orang Provinsi Jatim, 1 orang Provinsi Kalsel, 18 orang kabupaten/kota di Jatim, dan 26 orang kabupaten/kota di luar Jatim. Semua peserta telah mengikuti pelatihan yang dilaksanakam mulai dari 29 Juni dan berakhir pada 15 Oktober 2021. Baca Juga: Tak Dipinjami Uang Rp3 Juta, Zul Tega Habisi Nenek Dahniar dengan Pisau Cutter.
(nag)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2068 seconds (11.252#12.26)