Perayaan Kelulusan Program Profesional Kampus TSEA-UID Bali Hadirkan Pemimpin Transformatif

Kamis, 07 Oktober 2021 - 15:39 WIB
loading...
Perayaan Kelulusan Program Profesional Kampus TSEA-UID Bali Hadirkan Pemimpin Transformatif
Tampak Erick Thohir saat memberikan sambutan pada perayaan kelulusan Program Profesional Kampus TSEA-UID Bali. (Ist)
A A A
DENPASAR - Sebanyak 72 perencana profesional, perancang sistem, pengembang produk, pengusaha, dan pakar digital yang didominasi dari Indonesia dan Asia Tenggara telah berhasil menyelesaikan program pendidikan profesional , Minggu (26/9/2021) lalu.

Para perencana profesional tersebut pun siap untuk menumbuhkan berkontribusi mengembangkan ekosistem inovasi digital yang dapatyang menciptakan bertema 'Happy Digital Cities' (Kota Digital Ceria): tempat di mana setiap orang sehat dan makmur, lingkungan dijagaterjaga, dan kegiatan bisnis berorientasi pada prinsip bisnis yang baik akan demi menciptakan dunia yang lebih baik.

Acara kelulusan digelar secara virtual. Yang Bin, Wakil Presiden dan Rektor Universitas Tsinghua, mengatakan bahwa program Happy Digital X menawarkan pengalaman belajar yang luar biasa. Program ini memberdayakan peserta untuk bersama-sama menciptakan masa depan kebahagiaan holistik yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dengan terlibat dalam proyek tantangan dunia nyata.

“Sebagai komponen penting dari Strategi Global Tsinghua University, Tsinghua Southeast Asia Center didedikasikan untuk bertujuan guna membangun platform kerja sama dan pertukaran antara Tiongkok, negara-negara Asia Tenggara, dan sekitarnya," ujar Yang Bin.

"Besar harapan tulus kami bahwa langkah yang berarti dan upaya bersama ini akan terus membuahkan hasil untuk membangun dunia lingkungan yang berkelanjutan, dalam menghadapi tantangan yang terus berubah dan transformatif, terutama selama pandemi Covid-19 dan upaya pemulihan yang berkelanjutanmasih berjalan," tambah Yang Bin.

Yang Bin juga mengharapkan upaya global tersebut dapat membangun masa depan yang lebih berkelanjutan, adil, dan tangguh.

Di kesempatan yang sama, Menteri BUMN RI, Erick Thohir mengharapkan semua wisudawan program HDX mampu menguasai teknologi informasi untuk mempercepat penanganan pemulihan ekonomi nasional.

Mereka kata Erick juga diharapkan bisa mengimplementasikan teori dan mata kuliah yang dipelajari untuk membantu negara agar tetap tangguh dan tumbuh. Baca: Resahkan Warga, Ular Piton 5 Meter Akhirnya Berhasil Dievakuasi.

Secara singkat, Erick mengatakan bahwa Indonesia selama ini telah membuka akses bagi siapa saja yang ingin membangun kolaborasi secara intensif. Misalnya dengan membangun kerjasama menciptakan sistem tata kota agar memberi kebahagiaan terhadap penduduknya.

Menteri Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim menyampaikan selamat atas kelulusan wisudawan program HDX Tsinghua tahun 2021. Ia berharap para peserta mampu berperan aktif dalam berbagai program yang sedang dijalankan pemerintah Indonesia.

"Dan semua tantangan ini harus dijawab dengan apa yang didapatkan oleh para lulusanwisudawan. Kebetulan kami memiliki program Merdeka Belajar sebagai program cara belajar yang mampu menghubungkan kebahagiaan antara guru dan murid. Nah, kolaborasi Kolaborasi ini harus menjadi kekuatan untuk membangun negeri," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)