Peringati HUT ke-76 TNI, Koarmada II Gelar Serbuan Vaksin ke Pondok Pesantren

Selasa, 05 Oktober 2021 - 14:46 WIB
loading...
Peringati HUT ke-76 TNI, Koarmada II Gelar Serbuan Vaksin ke Pondok Pesantren
Koarmada II bersinergi dengan TNI-Polri di Jawa Timur menggelar serbuan vaksinasi di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (5/10/2021). Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Memperingati HUT ke-76 TNI, Koarmada II bersinergi dengan TNI-Polri di Jawa Timur menggelar Serbuan Vaksinasi di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (5/10/2021). Kegiatan ini mendukung program pemerintah mempercepat tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity)

Pada Puncak Peringatan HUT TNI Ke-76 kali ini, Koarmada II melaksanakan serbuan 8.000 vaksin sinovac yang menyasar para santri dari Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan, pelajar serta masyarakat sekitar.

Baca juga: Diduga Pembobol Uang Bermodus Ganjal ATM, Pria Bertato Babak Belur Dihajar Massa

Pada pelaksanaan ini melibatkan tenaga kesehatan (nakes) 200 orang, nakes TNI AL 38 orang, nakes TNI AD 10 orang, nakes TNI AU 10 orang, nakes Polri 1 tim (10 orang) denganDinas Kesehatan Pemkab Pasuruan.

Pangkoarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto, bersama dengan Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf, didampingi Dansatgas Serbuan Vaksinasi Pasuruan Kolonel Laut (P) Ludfy, serta pejabat dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan hadir langsung meninjau serbuan ini

Iwan Isnurwanto mengatakan, kegiatan ini perintah langsung Panglima TNI melalui Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI dari Sabang hingga Merauke. Hal itu untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan COVID-19, juga demi cepatnya pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: HUT Ke 76 TNI, Prajurit Kodam XVIII/Kasuari Gelar Doa Bersama di 3 Tempat Berbeda

"TNI AL sendiri dalam membantu pemerintah menanggulangi COVID-19 telah melaksanakan dan berupaya konsisten untuk terus melaksanakan Program Prioritas Penanggulangan COVID-19. Yakni melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ruang tambahan perawatan baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada, dukungan oksigen medis melalui Posko Bantuan Oksigen, serta sumbangan darah dengan melaksanakan donor darah konvalesen dan regular. Semua program tersebut dilaksanakan dengan mengerahkan seluruh sumber daya atau sarana prasarana yang dimiliki setiap jajaran TNI AL," kata Iwan.

Dia menambahkan, koarmada II selama ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap ke-1 maupun ke-2, kepada masyarakat di pulau-pulau terpencil, daerah pesisir, dan perkotaaan seperti Pulau Sapeken, Pulau Bawean, Kabupaten Lamongan, Bangkalan, kemudian Kota Surabaya dan Malang Raya.

Dilanjutkan dengan Kabupaten Tegal,Trenggalek, Kediri, Bangkalan, Sidoarjo dan Gresik. "Selain itu Koarmada II juga telah berkontribusi memperkuat imunitas tubuh para pekerja pelabuhan dan sektor maritim di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelindo 3, kemudian para pekerja pabrik hingga pekerja media," ungkapnya.

Sementara itu untuk memperlancar proses vaksinasi, Satgas yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Ludfy ini telah menyiapkan alur dan prosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta vaksin.

Diawali dengan registrasi, sebagai filter awal persyaratan vaksin. Kemudian screening sebagai kegiatan filter lanjutan oleh tenaga kesehatan, berikutnya vaksinasi, dan terakhir entry data yaitu pengisian data warga yang telah di vaksin oleh tim dari Pemkab Pasuruan dan TNI AL yang berlokasi di setiap titik lokasi serbuan vaksin.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)