Gajah Mada Tak Haus Kekuasaan, Pernah Menolak saat Ditawari Jabatan Patih Amangku Bumi Majapahit

Senin, 04 Oktober 2021 - 14:55 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, agar tak merasa segan dan malu, Gajah Mada dibesarkan hatinya. Gajah Mada berkali-kali dirayu oleh Aria Tadah agar mau menjadi Patih terlebih dahulu dan membantunya. Sebelum nantinya mengemban jabatan sebagai Patih Amangku Bumi.

Konon Gajah Mada memang bukanlah orang yang haus jabatan dan ingin menduduki jabatan milik orang lain. Menurut Gajah Mada, jabatan Patih Amangku Bumi hendaknya diserahkan dengan kerelaan pejabatnya sendiri. Atas kerelaan inilah maka kerja sama dapat terjalin antara pejabat baru dengan Aria Tadah selaku pejabat lama.

Sifat lain yang dimiliki Gajah Mada adalah menghindari perebutan jabatan. Hal ini juga yang membuat Gajah Mada masih enggan menerima tawaran jabatan sebagai Patih.

Gajah Mada sadar diri masih belum memiliki jasa cukup besar kepada Majapahit, sehingga belum layak menduduki jabatan itu.

Setelah didekati kembali dan dengan proses yang panjang, Gajah Mada akhirnya mau dan tampil sebagai Patih Amangku Bumi Majapahit saat Aria Tadah mengundurkan diri.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)