Gajah Mada Tak Haus Kekuasaan, Pernah Menolak saat Ditawari Jabatan Patih Amangku Bumi Majapahit

Senin, 04 Oktober 2021 - 14:55 WIB
loading...
Gajah Mada Tak Haus Kekuasaan, Pernah Menolak saat Ditawari Jabatan Patih Amangku Bumi Majapahit
Mahapatih Gajah Mada yang memiliki prestasi dan kesaktian diketahui tak haus kekuasaan. Gajah Mada pernah menolak saat ditawari jabatan penting di Majapahit. Foto/Ist
A A A
MALANG - Mahapatih Gajah Mada yang memiliki prestasi dan kesaktian tinggi diketahui tak haus kekuasaan. Gajah Mada konon pernah menolak saat ditawari jabatan penting di Kerajaan Majapahit.

Pada masa Kerajaan Majapahit dipimpin Tribuwanatunggadewi dan Rajadewi Maharajasa, Gajah Mada mendapat tawaran jabatan penting.

Patih Amangku Bumi Majapahit saat itu, Aria Tadah tengah sakit dan sudah merasa tua. Sehingga Aria Tadah meminta kepada Raja Majapahit untuk mencari pengganti dirinya.



Aria Tadah pun mengajukan nama Gajah Mada kepada Raja Majapahit untuk bisa menggantikannya sebagai Patih Amangku Bumi Majapahit.

Dikisahkan dalam buku Menuju Puncak Kemegahan Sejarah Kerajaan Majapahit karya Slamet Muljana, saat itu Aria Tadah beranggapan bahwa Gajah Mada adalah orang yang tepat karena kebijaksanaan dan sifatnya.

Tapi sebelum mengajukan nama Gajah Mada, Aria Tadah terlebih dahulu melakukan pendekatan. Gajah Mada didekati Aria Tadah dengan maksud menyampaikan keinginannya tersebut.



Dengan halus, Gajah Mada ditawari di posisi sebagai patih, dan bukan Patih Amangku Bumi. Aria Tadah meminta agar Gajah Mada membantunya dalam menjalankan tugas sebagai patih.

Namun, Aria Tadah sebenarnya bermaksud merayu Gajah Mada untuk bisa mengisi jabatan sebagai Patih Amangku Bumi. Sebab, Aria Tadah mengaetahui dan mengerti bila Gajah Mada pasti akan segan dan tak mau langsung menerima permintaan menggantikannya sebagai Patih Amangku Bumi .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)