Pramuka Diharapkan Jadi Contoh Perubahan Prilaku

Rabu, 29 September 2021 - 15:32 WIB
loading...
Pramuka Diharapkan Jadi Contoh Perubahan Prilaku
Bupati Noormiliyani saat menyematkan lencana dalam Peringatan Hari Pramuka ke-60 di Kabupaten Barito Kuala dilaksanakan pada Selasa (28/09/2021).
A A A
MARABAHAN - Peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun ini di Kabupaten Barito Kuala baru dilaksanakan pada Selasa (28/09/2021). Biasanya peringatan berlangsung setiap 14 Agustus dan digelar di bumi perkemahan. Namun kali ini hanya dilangsungkan di ruangan, yakni di Gedung Serba Guna Marabahan.

Meski sederhana, namun peringatan berisi berbagai rangkaian acara di antaranya penyematan lencana Panca Warsa kepada sejumlah pengurus Pramuka Kabupaten Barito Kuala yang diserahkan Bupati Noormiliyani AS selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab), didampingi Wakil Bupati (Wabup) Rahmadian Noor selaku Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Barito Kuala.

Selain itu diserahkan sejumlah penghargaan pemenang Lomba Giat Prestasi Penegak (LGPP) secara virtual kepada masing-masing pemenang, seperti lomba cover lagu daerah, kampanye protokol kesehatan, miniatur pionering, foto contens, pangkalan terfavorit kategori foto, dan pangkalan terfavorit kategori video.

Peringatan Hari Pramuka ke-60 diawali dengan laporan kepada pembina upacara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pengucapan Pembukaan UUD 1945, hingga pembacaan doa. Yang menarik untuk pelaksanaan doa kali ini pembacanya dilakukan seorang bocah yang masih duduk di kelas 1 SDN Penghulu bernama Muhammad Daffi Ghaisan Shabira.

Atas keberaniannya dan kefasihannya dalam membaca dan melafalkan kalimat berbahasa Arab, putera Kabag Prokopimda Setda Kabupaten Barito Kuala Hery Sasmita ini diberikan piagam penghargaan dari Ketua Kwarcab Pramuka Batola Rahmadian Noor dan diserahkan Bupati Noormiliyani.

Bupati Kabupaten Barito Kuala mengajak anggota Pramuka untuk menjadi duta perubahan perilaku di situasi adaptasi kebiasaan baru. Ia mengharapkan Pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19.

“Saya juga mengajak kakak-kakak dan adik-adik untuk terus berkegiatan kepramukaan namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar prokes namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira,” ucap Noormiliyani.

Sementara itu Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Pusat Budi Waseso mengatakan, Kwartir Nasional (Kwarnas) telah membentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi Covid-19. Berbagai hal telah dilakukan mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota gerakan kepramukaan dan lain sebagainya.

"Kegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat serta meningkatkan imunitas yang sangat penting dalam menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Mari kita peringati 60 tahun gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi prokes dan tetap berusaha membantu yang memerlukan,” tutur Budi.

Dia mengajak Pramuka menunjukkan diri untuk dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti sesuai tema peringatan kali ini. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)