Sejarawan Banten Sebut Kerajaan Angling Darma Cari Sensasi

Rabu, 22 September 2021 - 21:11 WIB
loading...
A A A
Oleh karenanya Raja Angling Darma dikenal masyarakat Mandalawangi, Pandeglang sebagai sosok Pahlawan Kemiskinan. Pria yang beristri empat itu selalu mengunjungi warga yang kesusahan dan juga kerab memberikan nasihat agar tetap semangat.

Di usia senjanya, Baginda (Raja) Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus selalu mengunjungi warga-warga miskin yang ada di daerahnya.

Warga Mandalawangi, Ida Nurhayati menyebut tidak sembarang orang yang bisa mendapatkan bantuan dari Bagina. Jika tidak sesuai hati sang Raja, maka bantuan pun tak akan didapatkan meski penerima bantuan merupkan orang miskin.

Namun jika sang Baginda berkenan, maka bantuan sebesar apapun akan diberikan. Diantaranya seperti beberapa rumah permanen yang berdiri kokoh. Setidaknya ada 30 rumah di Kampung Waru, Desa Sinar Galih, Kecamatan Mandalawangi yang dibantu direhab.

Rumah di tempat ini dibangun sejak tahun 2019. Total rumah yang dibangun berkisar lebih dari 30 rumah warga dengan nilai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

"Beliau sangat perhatian dengan warga," kata Ida Nurhayati.

Sementara itu, Emah, pemilik rumah yang direhab menjelaskan, awalnya rumahnya mau rubuh. Namun tiba-tiba baginda datang ke rumah mereka dan langsung membangunnya. Padahal mereka sudah melaporkan kerusakan rumah kepada pihak instansi terkait, namun tak direspons. Petugas hanya datang mendata dan tidak ada solusinya

Emah menuturkan, selain memberikan bantuan rumah baginda juga sering memberikan nasehat agar tidak terlalu bersenang hati jika mendapatkan bantuan seperti ini.

Meski banyak warga yang mendapatkan bantuan dari Baginda, namun warga tidak tahu sumber penghasilan kakek berusia hampir 80 tahun itu. Warga hanya mengetahui jika Baginda merupakan orang yang baik hati dan suka menolong. Raja juga dikenal memiliki 4 orang istri dengan memiliki kekayaan di beerapa daerah di Pandeglang, Banten.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4281 seconds (0.1#10.140)