Pasien Covid-19 Berkurang, RS Alihkan Tempat Tidur ke Pasien Umum

Selasa, 21 September 2021 - 13:11 WIB
loading...
Pasien Covid-19 Berkurang, RS Alihkan Tempat Tidur ke Pasien Umum
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
MAKASSAR - Tingkat keterisian tempat tidur atau BOR (bed occupancy rate) untuk penanganan pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit (RS) milik Pemprov Sulsel mulai menurun. Kondisi ini diklaim karena kasus Covid-19 yang melandai.

Pemprov Sulsel pun mulai mengonversi kembali ruangan di tiap RS untuk menangani pasien umum. Menyusul pemakaian tempat tidur untuk penanganan pasien Covid-19 sudah minim.

Baca Juga: Pemprov Sulsel
Di RSK Dadi Makassar misalnya, sebanyak 230 tempat tidur pasien umum terpaksa dialihfungsikan khusus penanganan pasien Covid-19. Demikian pula di RS Haji yang 200 tempat tidurnya hanya fokus melayani pasien virus korona.

Namun seiring menurunnya kasus Covid-19, jumlah pasien terpapar virus korona yang dirawat pun semakin minim. Kondisi ini disambut baik, tempat tidur akhirnya kembali dikonversi untuk mulai menangani pasien umum secara bertahap.

“Sekarang kasus harian yang kian menurun, otomatis tadi tempat tidur yang kita konversi untuk pasien Covid, dikonversi kembali menjadi tempat tidur pasien umum," ujar Dokter Arman, Senin (20/9).

Baca Juga: Pemprov Sulsel
Berdasarkan data Posko Satgas Covid-19, BOR tempat tidur (TT) isolasi kini menurun 0,77% dibanding hari sebelumnya. Begitupun BOR ICU yang juga turun 1,11%.

Jika dirincikan, tempat tidur (TT) isolasi secara total di 116 rumah sakit di Sulsel berjumlah 3.109 TT, dan yang terpakai hanya 318 TT. Sedangkan tempat tidur ICU secara total yang tersedia 359 TT, dan yang terpakai sisa 57 TT. Total keseluruhan BOR saat ini mencapai 10,81%.

Baca Juga: Pemprov Sulsel

Lihat Juga: Sulsel Segera Miliki Rumah Sakit Jantung, Otak, dan Kanker
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)