Perancang Taman Air Mancur Menari Tiga Dimensi ITS Berpulang

Senin, 01 Juni 2020 - 08:56 WIB
loading...
Perancang Taman Air Mancur Menari Tiga Dimensi ITS Berpulang
Almarhum Adi Prasetya (kanan) pada seremoni peresmian air mancur menari 3D ITS pada 31 Mei 2018. Foto/its.ac.id
A A A
JAKARTA - Keluarga besar alumni dan kampus ITS Surabaya berduka. Salah satu putera terbaiknya, Adi Prasetya, meninggal dunia. Almarhum menghembuskan napas terakhir pada Minggu (31/5/2020) pada pukul 07.00 WIB di RS MRCC Siloam Internasional Surabaya, setelah beberapa bulan berjuang melawan kanker prostat di tubuhnya.

Lahir pada 22 Oktober 1963, ketua Komisariat Jurusan Teknik Sipil IKA ITS itu meninggalkan 4 anak laki laki dan 1 istri. Jenazah almarhum dimakamkan di kawasan Perumanan Taman Peninsula, Bekasi Selatan, Kota Bekasi pada Minggu siang.

IKA ITS merasakan kehilangan yang mendalam. Almarhum banyak berjasa baik untuk kampus ITS maupun alumni, dan Kota Surabaya,” tutur Ketua Umum IKA ITS , Sutopo Kristanto, Minggu (31/5/2020).

(Baca: Risma Berbagi Pengalaman Menghadapi Pandemi dalam Webinar IKA ITS)

Perancang Taman Air Mancur Menari Tiga Dimensi ITS Berpulang

Karangan bunga di rumah duka. Foto/ist

Almarhum Adi Prasetya merupakan alumnus Teknis Sipil ITS yang dikenal sebagai perancang taman air mancur menari tiga dimensi di Bundaran ITS. Taman fenomenal ini diresmikan Wali Kota Tri Rismaharini persis dua tahun silam, 31 Mei 2018.

Taman seluas 1.000 meter persegi ini didesain dengan pencahayaan lampu LED RGB 1.000 lumens. Teknologi hologram yang diinjeksikan mampu memvisualisasikan beragam gambar tiga dimensi yang memanjakan mata pengunjung.

Visualisasi tiga dimensi tersebut di antaranya tarian-tarian, lambang kota Surabaya, yaitu Sura dan Baya, Tugu Pahlawan, Bunga Wijaya Kusuma yang merupakan logo ITS, serta kisah perjuangan 10 November lainnya. Taman Air Mancur ITS karya almarhum Adi Prasetya ini melengkapi 421 taman kota se-Surabaya.

Perancang Taman Air Mancur Menari Tiga Dimensi ITS Berpulang

Air mancur menari tiga rancangan almarhum Adi Prasetya. Foto/its.ac.id

(Baca: Korma ITS: UU Perlidungan Data Mendesak untuk Mendukung Ketahanan Ekonomi Digital)

Di mata rekan-rekannya, Adi adalah sosok pria sederhana yang ringan tangan. ”Beliau sering support lomba-lomba mahasiswa baik di dalam dan luar negeri,” beber Baihaqi, salah satu alumni Teknik Sipil ITS.

Selain kegiatan keahlian, almarhum juga aktif dalam organisasi alumni ITS. Dia pernah menjabat sebagai ketua IKA ITS Jawa Timur, ketua IKA ITS Jakarta Raya, juga Sekjen Himpunan Pengusaha Alumni ITS.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3814 seconds (0.1#10.140)