Risma Berbagi Pengalaman Menghadapi Pandemi dalam Webinar IKA ITS

Senin, 18 Mei 2020 - 13:07 WIB
loading...
Risma Berbagi Pengalaman Menghadapi Pandemi dalam Webinar IKA ITS
Foto/tangkapan layar webinar IKA ITS
A A A
JAKARTA - Melelahkan. Begitu pengakuan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini soal pengalamannya menghadapi pandemi COVID-19 . Sejak Maret lalu setiap hari Risma mesti berjibaku dengan seabrek urusan yang berkaitan dengan kesehatan sampai dampak sosial ekonomi warganya. Risma merasa inilah ujian terberatnya selama 10 tahun menjabat wali kota

“Sudah banyak cobaan yang saya hadapi, mulai banjir, jatuhnya Airasia sampai aksi terorisme. Setiap cobaan beda penanganan dan saat inilah yang paling berat,” ujar Risma dalam webinar yang diselenggarakan Bidang Peranan Perempuan dan Millenial PP IKA ITS , akhir pekan lalu.

Risma mengungkapkan banyaknya permasalahan yang dihadapi dalam menangani masalah wabah corona. Saking banyaknya persoalan-persoalan tersebut menjadi kompleks. ”Saya biasanya tidak pernah kehabisan ide, sekarang saya tidak bisa berpikir masalah yang lain,” ujar alumnus Arsitektur ITS ini.

(Baca: Tanggal 22 Mei, Seluruh Anggota Polri Ditarik dari Pos Penjaga Batas Wilayah)

Pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 memang telah berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dalam situasi inilah setiap kepemimpinan mendapatkan ujiannnya, tak terkecuali kepemimpinan seorang perempuan.

Kepemimpinan perempuan terasa lebih unik karena di waktu yang bersamaan tetap ada tuntutan untuk memenuhi tugas yang disebut sebagai kodrat. Dalam diskusi bertajuk ”Female Leadership: Managing Crisis in Covid-19, Between Roles in Life” tersebut Risma pun mengakui tidak mudah membagi peran sebagai pemimpin Surabaya sekaligus sebagai istri, ibu, dan nenek dalam keluarga.

”Ini yang berat. Karena kasus Corona ini menyangkut keselamatan warga, di rumah pun saya terpengaruh. Yang terjadi malah saya sekarang mengajak keluarga masuk ke dalam masalah yang saya hadapi. Ini sebelumnya tidak pernah saya lakukan karena saya selalu memisahkan dengan tegas antara urusan kerja dengan keluarga,” tutur Risma.

(Baca: Habiskan Rp1 T di Pilgub dan Pilpres, Sandi Mengaku Sedikit Bloon)

Pembicara lain dalam diskusi, yaitu Wakil Ketua Bidang Eksternal Komnas HAM Sandrayati Moniaga mengatakan bahwa menyeimbangkan peran berkaitan erat dengan pembagian waktu antara pekerjaan, lingkungan sosial di luar pekerjaan, dan keluarga. Akan tetapi pembagian waktu semacam itu tidak bisa dilakukan secara kaku.

”Kalau misalnya saya sudah di rumah dan ternyata ada sesuatu yang urgent berkaitan dengan pekerjaan, may tidak mau urusan keluarga mengalah dulu,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)