Ini Pengakuan Dukun di NTT yang Terima Wangsit Buat Ramuan Tangkal COVID- 19

Senin, 01 Juni 2020 - 02:16 WIB
loading...
Ini Pengakuan Dukun di NTT yang Terima Wangsit Buat Ramuan Tangkal COVID- 19
Setelah video amatirnya viral, rumah dukun Samuel Rangga Boro di Nusa Tenggara Timur (NTT), ramai didatangi warga untuk dapat ramuan menangkal COVID-19. Foto iNews TV/Dion UL
A A A
TAMBOLAKA - Setelah video amatirnya viral, kampung dan rumah dukun Samuel Rangga Boro di Kampung Galuwiyo, Desa Tanjung Karoso, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), ramai didatangi warga untuk dapat ramuan menangkal COVID-19. Samuel Rangga Boro mengatakan, dirinya mendapatkan anugerah petunjuk dari sang maha pencipta untuk membuat ramuan penangkal COVID-19 saat sedang melaut.

Informasi tentang anugerah yang dimilikinya tersebar dan lebih dari tiga hari terakhir ini videonya terus viral di dunia maya. (Baca: Dukun Sakti di SBD Ngaku Sembuhkan Corona dengan Air, Gula, Garam, dan Permen)

Sebelumnya info Berawal dari cerita mulut ke mulut kemudian sejumlah videonya viral di media sosial yang menggambarkan jejalan warga yang mendatangi Kampung Galuwiyo, Desa Tanjung Karoso, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

Warga yang datang selain untuk melihat dari dekat sosok Samuel Rangga Boro juga untuk mendapatkan ramuan yang telah didoakan dan dibuatnya. Banyaknya warga yang yang mendatangi kediamannya bahkan membuat aparat pemerintah setempat dan juga aparat keamanan juga mendatangi lokasi untuk memberikan pemahaman pada warga agar jalankan protap kesehatan dalam kondisi pandemi.

Sayang saat didatangi aparat warga tetap berjejal sebagaimana digambarkan dalam video amatir.

Kediaman Samuel berjarak sekira 45 kilometer dari kota kabupaten jika disusuri lewat Jalur Pantura Sumba. Saat didatangi MNC Media di kediamannya memang tidak lagi seramai di video viral karena pengunjung dibatasi waktu dan jumlahnya mengikuti protap kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Saat didatangi Samuel kebetulan masih berada di luar rumah. Pria ini tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik, namun dengan bahasa daerah setempat dia menegaskan ilham yang diterimanya langsung dari roh dalam wujud yang disebutnya bernama Gabriel saat sedang melaut menjelang petang.

“Saya tetap mengembalikan kepada orang untuk percaya atau tidaknya,” kata Samuel dalam bahasa daerah setempat saat diwawancarai MNC Media, Minggu (31/5/2020).

Dalam meracik ramuannya warga yang datang wajib membawa satu botol air dalam kemasan 1.500 mililiter, satu bungkus garam, gula pasir maksimal setengah kilogram dan permen rasa mint (merk winston). Semua bahan itu nanti akan dicampur jadi satu dan lalu didoakan untuk selanjutnya diberikan kepada warga. Sejumlah warga yakin bisa sembuh dari aneka penyakit bahkan bisa menangkal virus Corona.

“Dalam membantu warga, Samuel juga berharap warga untuk mendermakan dana ke tempat ibadah dengan sumbangan maksimal Rp10.000. Selain bahan ramuannya mudah diperoleh dan murah juga sumbangan yang diberikan tetap akan diantar ke tempat ibadah,” kata Bernardus Tari Wungo, Kaur Pemerintahan Desa Tanjung Karoso.

Hingga kini dan beberapa hari ke depan sekalipun ada pembatasan sesuai protap kesehatan warga diyakini akan tetap mendatangi kediaman dan kampung Samuel Rangga Boro. Apalagi videonya terus viral tersebar di aneka media sosial dan situs berbagi video Youtube.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)