Raih Penghargaan Energy Awards 2021, Indonesia Diharapkan Bisa Hemat Energi

Kamis, 16 September 2021 - 22:38 WIB
loading...
Raih Penghargaan Energy Awards 2021, Indonesia Diharapkan Bisa Hemat Energi
Indonesia Raih 5 penghargaan ASEAN Energy Awards 2021. Foto ist
A A A
JAKARTA - Indonesia sukses meraih 5 penghargaan bergengsi pada ajang ASEAN Energy Awards 2021. Dengan penghargaan tersebut, Indonesia diharapkan bisa menerapkan pola hidup hemat energi.

"Saya berharap pencapaian ini dapat mendorong para pengelola gedung untuk melakukan efisiensi energi. Ini dapat mendorong pengelola gedung dan pegawai Kementerian ESDM menerapkan pola hidup hemat energi," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam pernyataannya, Kamis (16/9/2021).

Penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE) di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi dalam rangka mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan serta penerapan efisiensi dan konservasi energi di tingkat regional ASEAN.

Sebelumnya, Indonesia telah mengirim 10 peserta yang merupakan para pemenang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi tahun 2018 dan 2019. Dan berdasarkan hasil penjurian yang telah dilaksanakan pada bulan Juni Tahun 2021 lalu, diperoleh hasil: 2 peserta menjadi pemenang, 2 lainnya menjadi Runner-up pertama, dan 1 peserta meraih Runner-up kedua.

Pada penghargaan kali ini, dua gedung Kementerian ESDM juga didaulat sebagai pemenang, yaitu Gedung Slamet Branata Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) dan Gedung Chairul Saleh Sekretariat Jenderal.

Agung menuturkan, dengan pencapaian ini pihaknya mendorong partisipasi gedung-gedung di lingkungan Kementerian ESDM di tahun-tahun berikutnya. "Kami berharap gedung-gedung di lingkungan Kementerian ESDM dapat meraih prestasi pada ajang yang sama di tahun berikutnya," jelasnya.

Untuk diketahui, ASEAN Energy Awards terbagi menjadi 3 kategori yaitu ASEAN Coal Awards, ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards, dan ASEAN Renewable Energy Project Awards.

ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards terdiri atas 3 sub kategori, yaitu Energy Efficient Buildings and Green Buildings, Zero Energy Building, dan Energy Management in Buildings and Industries.

Penghargaan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap pemanfaatan dan pengembangan energi baru, terbarukan dan konservasi energi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2761 seconds (0.1#10.140)