Makam Gus Dur dan 9 Fakta Uniknya Jadi Destinasi Peziarah

Rabu, 08 September 2021 - 16:12 WIB
loading...
A A A
5. Di makam Gus Dur ada tulisan berbahasa China dan bahasa Indonesia yang berbunyi “Di sini berbaring seorang pejuang kemanusiaan (here rests a humanist).” Tulisan ini dalam empat bahasa. Yakni bahasa Indonesia, Arab, Inggris dan China.

6. Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT) mengelola dana ratusan juta yang didapatkan dari para pengunjung makam Gus Dur. Setiap bulan dana sumbangan yang dikumpulkan dari kotak amal mencapai Rp. 250-300 juta.

Makam Gus Dur dan 9 Fakta Uniknya Jadi Destinasi Peziarah


7. Beberapa peziarah menyempatkan diri menjumput tanah dan bunga di atas gundukan makam Gus Dur sebelum dipagar. Mereka percaya, bunga dan tanah itu mengandung berkah dan tuah. Mereka mengambil bunga dan tanah untuk dibawa pulang. Dia percaya, tanah dan bunga tersebut memiliki barokah. Melihat ulah peziarah itu, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang (2006-2020), Kiai Haji Shalahudin Wahid langsung bersikap. Dia meminta peziarah agar bersikap wajar dan meninggalkan hal-hal yang tak rasional. “Itu tidak rasional, jadi tidak usah dilakukan,” tegas dia.

8. Makam Gus Dur dikunjungi oleh politikus, masyarakat biasa, lintas agama, lintas ormas dan menjadi wisata religi teramai di Kabupaten Jombang.

9. Sepanjang jalan menuju ke makam Gus Dur dipenuhi dengan kios. Isinya beragam produk. Ada warung makan, penjualan baju muslim, aksesori, sampai berbagai macam kaset. Selain pertokoan masih ada berbagai fasilitas yang menjual jasa seperti kamar mandi dan tempat penginapan.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0026 seconds (0.1#10.140)