Penyerahan Bantuan Langsung Masyarakat Program Kreatif Mandiri masih Berlanjut

Jum'at, 03 September 2021 - 19:10 WIB
loading...
Penyerahan Bantuan Langsung Masyarakat Program Kreatif Mandiri masih Berlanjut
Bupati Tulang Bawang Winarti menyerahkan bantuan langsung ke masyarakat dalam Program Kreatif Mandiri (PKM) Bergerak Melayani Warga (BMW).
A A A
TULANG BAWANG - Bupati Tulang Bawang Winarti menyerahkan bantuan langsung ke masyarakat dalam Program Kreatif Mandiri (PKM) Bergerak Melayani Warga (BMW) di Kecamatan Penawar Tama, Gedung Aji Baru dan Rawajitu Selatan sekaligus pemberian gerobak bagi UMKM, kursi roda, sembako serta santunan anak yatim, Rabu (1/09/2021) di Aula Kampung Kec. Penawar Tama dan Aula Kampung Gedung Aji Baru, Tulang Bawang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Tulang Bawang, Camat Gedung Aji Baru, Camat Rawajitu Selatan, Camat Penawar Tama, Kepala Kampung Kecamatan Gedung Aji Baru, Rawajitu Selatan dan Penawar Tama, Muspika Kecamatan Gedung Aji Baru, Rawajitu Selatan dan Penawar Tama, Ketua Kelompok Masyarakat Penerima Bantuan Usaha Ekonomi.

Winarti mengatakan bahwa, bantuan yang diberikan kali ini merupakan rangkaian lanjutan bantuan program BMW 2021 dimana akan diberikan kelompok masyarakat yang terdiri dari Kelompok Pengajian Muslimat (KPM), Karang Taruna (KT) dan Kelompok Usaha Khusus Wanita (KUKW), yang terdiri dari 15 Kecamatan 147 kampung dan empat Kelurahan serta 453 kelompok Masyarakat, dengan total bantuan sebesar Rp9.060.000.000., (Sembilan Miliar Enam Puluh Juta Rupiah).

"Kami akan merealisasikan pencairan dana Bantuan Langsung Masyarakat Usaha Ekonomi Produktif (BLM UEP) di Kecamatan Penawar Tama ada 14 Kampung yang akan kami bagikan ke 42 Kelompok masyarakat 840 anggota Kelompok dengan total bantuan sebesar Rp840 juta," katanya.

Adapun bantuan tersebut akan digunakan usaha dengan jenis Jasa Fotograpi, Sembako, Perdagangan Jamu Jahe, Budidaya Ikan Lele, Ternak Kambing, Ternak Sapi, Jasa Penggilingan Padi, dan Produksi Pupuk Organik. Sedangkan Kecamatan Gedung Aji Baru dan Rawajitu Selatan pencairannya akan dilakukan pada tahap kedua.

Untuk Kecamatan Gedung Aji Baru, kata Winarti ada sembilan Kampung dan akan dibagikan 27 kelompok masyarakat 540 anggota kelompok dengan total bantuan yang akan tersalurkan sebesar Rp540 juta dengan jenis usaha kerajinan aneka pernak-pernik, usaha pembuatan roti bakery, budidaya ikan lele, konveksi, budidaya jamur tiram, sembako, budidaya tanaman pisang cavendis, ternak kambing dan ternak sapi.

Sedangkan, Kecamatan Rawajitu Selatan terdiri dari delapan kampung dengan jumlah 24 kelompok masyarakat 480 anggota kelompok dengan total bantuan yang akan disalurkan sebesar Rp480 juta dengan jenis usaha jual beli beras, konveksi, jual beli perabot rumah tangga, sewa tarup, jual beli obat pertanian, ternak unggas, dan pertamini.

"Untuk penyerahan gerobak dorong bagi pedagang kaki lima kuliner di Kecamatan Menggala, Dente Teladas, Banjar Agung, Penawar Aji dan Penawar Tama kami berikan dengan total bantuan 20 unit,"ucapnya.

Selain itu, Bupati Tulang Bawang Winarti juga menyampaikan bahwa, kegiatan sekolah tatap muka belajar langsung di Tulang Bawang akan dimulai Senin 6 September 2021. "Lakukan kegiatan produktif agar tetap sehat dan semangat. Jaga kesehatan diri. Selama proses belajar tetap menjaga protokol kesehatan, agar tidak menimbulkan klaster baru," tuturnya. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)