Relokasi Korban Tragedi Longsor Sumedang Mangkrak, Bupati Geruduk Pusat

Rabu, 01 September 2021 - 06:07 WIB
loading...
A A A
"Kalau ada bencana kami lihat tiga kriteria, mulai dari rusak berat, sedang, dan ringan. Masing-masing dibantu stimulan saja. Namun, jika konteksnya jangka panjang, ini adalah bagian dari rehabilitasi rekontruksi, sehingga harus ada perencanaan," jelas Lilik.

Senada dengan Lilik, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI, Asep Sasa Purnama juga menyampaikan jawaban serupa dalam upaya penyelesaian permasalahan itu.Menurutnya, Kemensos RI akan membantu melakukan pengembangan dari segi penguatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan mengembalikan mata pencahariannya.

"Kami akan mencoba kembangkan dari sisi kemampuan ekonominya dengan membimbing dan mengarahkan korban agar ada penguatan ekonomi karena korban longsor ini terganggu juga mata pencahariannya," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengingatkan agar warga di sekitar lokasi bencana segera direlokasi mengingat lokasi bencana tersebut tergolong rawan longsor. "Pencarian (korban longsor) di Sumedang sudah dihentikan. Semua korban sudah ditemukan. Sekarang, persiapan relokasi," ujar Ridwan Kamil di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (20/1/2021).

Menurut Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, lahan relokasi disiapkan oleh Pemprov Jabar dan Pemkab Sumedang. Adapun bangunannya oleh Kementerian PUPR bekerja sama dengan BNPB.

"Penyiapan lahan urusan pemerintah kabupaten dan provinsi, bangunanannya PUPR dan BNPB. Mudah-mudahan semua (warga) bisa beralih dan tenang, sehingga tidak dihantui rasa waswas karena tinggal di daerah rawan," kata Kang Emil kala itu.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2682 seconds (0.1#10.140)