Banyak Lansia Sebatang Kara, Butuh Perhatian Khusus di Tengah Pandemi

Rabu, 25 Agustus 2021 - 14:28 WIB
loading...
Banyak Lansia Sebatang Kara, Butuh Perhatian Khusus di Tengah Pandemi
Para lansia mendapatkan perhatian khusus di tengah pandemi COVID-19. Mereka harus dipastikan sehat dan menerima bantuan sosial untuk meringankan bebannya.
A A A
SURABAYA - Para lanjut usia (lansia) membutuhkan perhatian khusus di tengah pandemi COVID-19. Dalam situasi sulit ini, mereka harus berjuang untuk bisa hidup di tengah keterbatasan.

Salah satu contoh lansia yang tinggal sebatang kara di wilayah Sukomanunggal Surabaya. Sumirah (89), tinggal di rumah kontrakan Jalan Simojawar 1 No. 50 RT 01 RW 01, Kelurahan Simomulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal. Dalam situasi sulit ini, ia harus berjuang keras untuk bisa makan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo menuturkan, pihaknya mendapat informasi adanya lansia yang tinggal sendirian itu. Ia bersama jajaran kecamatan, kelurahan beserta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) langsung melakukan outreach ke rumah PPKS. Outreach dilakukan sebagai deteksi dini dan rujukan pemkot memberikan intervensi bantuan agar tepat sasaran.

Baca juga: Tiga Warga Surabaya Tertimpa Rumah Ambruk, Satu Meninggal Dunia

"Kita sudah lakukan outreach ke rumah tinggal klien Ibu Sumirah, Selasa (24/8) malam. Klien diketahui hidup sebatang kara, karena tidak memiliki anak. Sedangkan suaminya, sudah meninggal beberapa tahun lalu," kata Anang, panggilan akrabnya, Rabu (25/8/2021).

Ia melanjutkan, klien belum mendapatkan intervensi bantuan sosial. Seperti misalnya, permakanan dari pemkot maupun program bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat. Sedangkan untuk layanan kesehatan, klien telah mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Setelah kita cek di aplikasi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), data klien juga belum masuk. Sehingga kita masukkan dulu ke dalam aplikasi MBR itu untuk intervensi ke depannya," jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, apabila mengetahui permasalahan seperti yang dialami warga Sukomanunggal bisa menginformasikan kepada pemkot. Informasi itu, bisa disampaikan melalui aplikasi WargaKu maupun lewat kelurahan dan kecamatan setempat. "Karena kami di pemerintah juga terbatas," katanya.

Di waktu terpisah, Camat Sukomanunggal Kota Surabaya, Lakoli mengungkapkan, bahwa Ketua RW setempat sudah beberapa kali melakukan usulan agar Sumirah masuk ke dalam data MBR. Namun, usulan itu ditolak oleh sistem di dalam aplikasi. "Kemarin kita sudah usulkan kembali agar klien masuk ke dalam MBR," kata Lakoli.

Baca juga: Mau Kembangkan Wisata Ampel, Ini Rencana Pemkot Surabaya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)