100 Musisi Bernyanyi Promosikan Keindahan Pulau Flores ke Dunia

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 05:28 WIB
loading...
100 Musisi Bernyanyi Promosikan Keindahan Pulau Flores ke Dunia
Sejumlah musisi tampil dalam festival musik bertajuk Flores The Singing Island Virtual Festival 2021. Foto/Ist
A A A
LABUAN BAJO - Dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia (RI), Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menggandeng sejumlah musisi Flores dalam festival musik bertajuk 'Flores The Singing Island Virtual Festival 2021'.

Festival ini digelar guna memperkenalkan budaya dan kebiasaan asli Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dibalut manis dengan keindahan alam, dengan tujuan untuk mempromosikan Pulau Flores yang indah kepada dunia.

"Bagi kami di Flores, pulau ini tidak saja diberikan keindahan alam yang menakjubkan, kehidupan masyarakatnya pun tidak kalah indah. Salah satunya lewat suara dan nyanyian yang disenandungkan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Ini menginspirasi hadirnya virtual Festival The Singing Island," ujar Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina, Kamis (19/8/2021).

100 Musisi Bernyanyi Promosikan Keindahan Pulau Flores ke Dunia


Menurut dia, festival ini juga menjadi bagian ikhtiar dalam mempromosikan musik dan budaya Flores. Dengan begitu, diharapkan pada kemudian hari, tidak hanya komodo yang menjadi daya jual Flores, namun juga musiknya. “Flores sudah dikenal dengan keindahan alamnya, kini saatnya budayanya yang luar biasa diperkenalkan,” tutur Shana.

Baca juga: Perjelas Batas Lahan Kawasan Wisata Labuan Bajo, BPOLBF Bahas dengan Forkopimda Mabar

Dikemas secara virtual karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, Flores The Singing Island Festival ditayangkan pada kanal YouTube Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kemudian secara simultan disiarkan melalui kanal YouTube BPOLF dan Nestornation.

Baca juga: 57 Tahun Hilang Kontak, 2 Mantan Pengawal Jenderal Soedirman dan Moestopo Ketemu

Labuan Bajo menjadi tuan rumah festival dengan para penampil yang datang dari delegasi 8 kabupaten yang ada di Flores, NTT seperti Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, dan Flores Timur.

Festival ini melibatkan lebih dari 100 musisi yang bernyanyi di seluruh Pulau Flores, dari ujung barat yang diwakili Labuan Bajo hingga Larantuka di ujung timur. Sebut saja musisi Ivan Nestorman, Komodo Project, Jamaican Cafe, dan Ana Oki Lega.

Selain itu juga ada penyanyi Tompi, Sandi Sandoro dan Rayen Pono yang turut mengalunkan penggalan lagu Flores dalam rekaman virtual sebagai dukungan bagi kegiatan yang spektakuler ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)